The Wolverine: Superhero Buas yang (Masih) Mencari Jati Diri

Jakarta - Logan lebih mirip manusia gua daripada salah satu mutant elit yang tergabung dalam 'X-Men'. Rambut dan janggutnya berantakan, tubuhnya lebih gemuk, dengan botol minuman keras yang tak pernah lepas. Logan tak ubahnya seperti beruang yang tinggal di gunung.

Seperti itulah kondisi Logan alias Wolverine setelah kematian wanita yang sangat dicintainya, Jane. Ratusan malam dengan mimpi buruk seakan tak pernah berhenti datang menghantuinya. Logan merasa sangat menderita, ditambah fakta bahwa ia adalah mutant yang akan hidup abadi sehingga menambah panjang penderitaan itu.


Karena kegalauannya, Logan berubah menjadi superhero yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. "Aku bukan seperti yang dulu." Itu yang selalu ia tekankan pada dirinya dan orang lain yang merasa mengenalnya.


Tetapi kemudian sisi baik dalam dirinya kembali timbul lewat penderitaan beruang gunung yang mati akibat panah racun dari pemburu liar. Logan mengejar sang pemburu hingga terjadi perkelahian di sebuah bar. Sampai kemudian datang cewek berambut merah dengan kelihaian seperti ninja dan samurai, mengubah situasi.


Cewek jagoan itu ternyata utusan seorang miliuner Jepang yang di masa perang pernah diselamatkan hidupnya oleh Logan. Pikiran Logan pun kembali ke masa lampau saat Nagasaki luluh lantak karena bom. Logan diminta datang ke Jepang untuk menemui kawan lamanya yang tengah sekarat, yang menuntunnya pada perjalanan tak terduga.


'The Wolverine' yang disutradarai James Mongold itu diadaptasi dari mini seri karya Chris Claremont dan Frank Miller pada 1980. Dalam cerita tersebut disebutkan pahlawan mutant itu juga akan melawan para ninja.


Wolverine akan dihadapkan pada pilihan, mengeluarkan sisi liar dan insting pembunuh atau hidup dalam kehidupan samurai yang penuh penghormatan dan rasa menghargai.


Wolverine akan menghadapi karakter jahat Viper yang dimainkan oleh aktris cantik Rusia, Svetlana Khodchenkova. Sebenarnya, karakter Viper pertama kali ditawarkan kepada aktris Jessica Biel. Namun, tunangan Justin Timberlake itu terpaksa melepasnya karena terlalu sibuk.


Viper adalah kekasih dari Silver Samurai, musuh utama dalam 'The Wolverine'. Viper sangat terkait dengan the Hand, ninja jahat yang terlibat dalam kejahatan terorganisir dan kegiatan tentara bayaran.


'The Wolverine' menyuguhkan plot yang menarik dengan ketegangan yang terjaga serta bumbu komedi segar yang pas. Namun adegan pertarungan puncak antara Wolverine dan 'The Silver Samurai' terasa kurang menggigit.


(ich/hkm)