Arctic Monkeys Kalahkan David Bowie di BRIT Awards 2014

Jakarta -

Gelaran ajang penghargaan musik se-Inggris Raya, BRIT AWARDS 2014 digelar, Rabu (19/2) waktu London. Hasilnya, Arctic Monkeys berjaya dengan dua piala kemenangan, menyingkirkan antara lain penyanyi gaek David Bowie.


Arctic Monkeys membawa pulang dua piala paling bergengsi, yaitu 'British Album of the Year' lewat album terbarunya, 'AM (2013)'. Mereka mengalahkan pesaingnya yang tidak kalah hebat, seperti Rudimental ('Home'), Disclosure ('Settle'), Bastille ('Bad Blood') dan David Bowie ('The Next Day'). Piala lainnya berasal dari kategori 'British Group', yang artinya pelantun 'R U Mine?' itu dinobatkan menjadi grup band terbaik di Inggris saat ini.


"Ini rock n roll. Beberapa waktu terlihat seperti akan mati, tapi pada akhirnya itu tidak akan pernah terjadi. Dan, tidak ada yang dapat Anda perbuat mengenai hal tersebut," ujar pentolan Arctic Monkeys, Alex Turner, saat berada di atas podium kemenangannya.


Tak hanya Arctic Monkey yang membawa pulang dua piala di malam BRIT AWards 2014. Boyband tersohor dalam satu dekade ini, One Direction juga meraih piala penghargaan khusus, 'Global Success Award' dan 'Best Video' untuk lagu 'Best Song Ever'.


Selain para pemenang yang berasal dari Inggris, terdapat juga tiga nominasi internasional yang memungkinkan musisi di luar daratan Inggris dapat menang. Lorde, penyanyi asal New Zealand itu dianugerahi 'International Female', Bruno Mars menyabet piala 'International Male', dan duo elektronik asal Prancis, Daft Punk menyandang gelar 'International Group'.


Berikut daftar lengkap BRIT Awards 2014


Global Success Award : One Direction

British Album of the Year : Arctic Monkeys-'AM"'

British Group : Arctic Monkeys

British Breakthrough Act : Bastille

British Female Solo Artist : Ellie Goulding

British Male Solo Artist : David Bowie

International Female : Lorde

International Male : Bruno Mars

International Group : Daft Punk

British Single : Rudimental ft. Elle Eyre-'Waiting All Night'

British Video : One Direction-'Best Song Ever'

(hap/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!