Mengapa WikiLeaks Bocorkan Naskah Film 'The Fifth Estate'?

Jakarta - Situs yang selalu membocorkan dokumen-dokumen rahasia WikiLeaks baru-baru ini kembali beraksi. Tapi, kali ini bukan dokumen negara atau institusi penegak hukum yang dibocokan melainkan film layar lebar. Wah!

Film yang dibocorkan itu berjudul 'The Fifth Estate', yang berkisah mengenai pembuatan dan sepak terjang WikiLeaks itu sendiri. Pendiri WikiLeaks Julian Assange menuding film tersebut tidak bertanggung jawab, kontraprodukti dan berbahaya.


"Sebagian besar peristiwa yang digambarkan tidak pernah terjadi atau orang-orang yang ditampilkan tidak pernah terlibat sebelumnya," ujar Julian lewat sebuah memo protes tertulis.


Naskah film tersebut ditulis oleh Josh Singer berdasarkan tulisan-tulisan di sebuah buku milik salah seorang mantan partner Julian Assange, Daniel Domscheit-Berg saat mendirikan WikiLeaks. Entah bagaimana caranya, pria 42 tahun mendapatkannya, sekaligus mendapatkan panduan naskah lainnya berupa buku milik jurnalis Inggris, David Leigh dan Luke Harding.


Menanggapi bocornya film yang dibintangi Benedict Cumberbatch itu, sutradara Bill Condon sebagai perwakilan film bergenre thriller itu belum berkomentar banyak. Mereka mengaku sudah memprediksi bahwa Julian Assange akan marah terhadap hasilnya.


"Saya tidak terlalu suka bertaruh, tapi saya cukup yakin dia (Julian Assange) tidak akan mendukung film ini," ujarnya kala itu.


'The Fifth Estate' menceritakan tenting berdirinya WikiLeaks yang memang ditujukan untuk berbagi informasi rahasia milik negara atau institusi penting lainnya. Karena hal itu, Benediktus Cumberbatch yang berperan sebagai Julian dan Daniel Domscheit-Berg sebagai Daniel Bruhl dihadapkan pada kasus korupsi yang membahayakan nyawa mereka.


Film ini dijadwalkan rilis di Amerika pada 18 Oktober.


(ich/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!