Rumah Peninggalan Pelukis JMW Turner Direstorasi Rp 26 Miliar

Jakarta - Sebuah rumah yang dirancang sekaligus menjadi tempat tinggal pelukis JMW Turner segera diselamatkan dari kerusakan. Heritage Lottery Fund menyumbang dana senilai Rp 26 miliar untuk restorasi.

"Rumah ini adalah harta nasional tapi dalam keadaan yang menyedihkan. Restorasi benar-benar dibutuhkan, saya kuatir musim dingin tahun depan akan membuatnya tambah rusak," ucap Rosemary Vaux dari perwakilan Turner House Trust, seperti dilansir Jumat (9/1/2015).


Rumah yang berada di Sandycombe Lodge di Twickenham, London bagian barat ini merupakan satu-satunya bangunan yang dirancang oleh Turner. Bangunan tersebut adalah karya tiga dimensi seni. Namun, hingga kini kondisinya makin rapuh dan terancam punah.


Vaux menjelaskan bahwa bangunan tersebut direstorasi makan akan selesai dalam waktu 46 minggu atau 2016 mendatang. Rumah ini memiliki banyak fasilitas dan fitur termasuk lengkungan tinggi yang terinspirasi dari kawan Turner bernama Sir John Soane.


Pelukis Turner tinggal di kediaman tersebut pada 1813 hingga 1826. Di sana, ia memproduksi berbagai tulisannya sampai terkenal mendunia. Seperti yang digambarkan dalam film Turner, ayah dan anaknya setia belajar melukis bersama.


Ia menghibur kawan-kawannya Turner di piknik mewah di sebuah taman, terdapat kolam besar penuh dengan ikan dan air bunga lili. Di tahun 1826, Turner menjual rumahnya dan pindah bersama ayahnya di galeri yang lebih besar di London.


Ketua komite Heritage Lottery Fund mengatakan karya Turner makin booming ketika film biografi terbarunya rilis dan menggelar pameran karyanya di Tate Britain. "Bangunan Sandycombe adalah salah satu karyanya yang mendunia. Berada di dalamnya memberikan pengalaman unik," katanya.


(tia/mmu)