Marilyn Manson Mengklaim yang Menemukan Aliran Musik 'Grunge'

Jakarta - Aliran musik Grunge lahir di pertengahan era 80-an yang dimotori para pemusik asal Seattle, Amerika Serikat. Beberapa nama seperti Pearl Jam dan Nirvana pun disebut 'pentolan' dalam genre ini.

Namun, Marilyn Manson justru yang mengaku menemukan istilah 'Grunge' aliran musik yang disebut bagian dari alternative rock dan punk rock itu. Marilyn mengungkapkan istilah itu ditemukan saat dirinya masih menjadi seorang jurnalis musik.


Pemilik nama asli Brian Hugh Warner itu mengaku kala itu menulis review perihal album Nirvana 'Bleach'. Saking terpesona dengan musik Kurt Cobain Cs, hingga istilah 'Grunge' teruncap untuk menggambarkan seperti apa musik Nirvana.


"Nirvana sangatlah berbeda. Saat saya menjadi jurnalis saya menciptakan istilah 'grunge' dalam review 'Bleach'," tuturnya kepada NME, Minggu (10/1/2015).


Marilyn sendiri melihat banyak musisi Grunge yang penuh perjuangan untuk membunuh musik Rock n Roll, yang kala itu berkuasa. Tapi tentu saja belum ada yang memastikan atau membuktikan secara teori bahwa setiap ucapan Marilyn itu benar.


(fk/dar)