Wow! Rekaman Suara 75 Detik Menangkan Penghargaan Seni

Jakarta - Sebuah rekaman suara berdurasi 75 detik ini mampu memenangkan penghargaan seni bergengsi di Inggris. Ini merupakan pertama kalinya rekaman suara mampu mendapatkan penghargaan sepanjang 20 tahun terakhir. Penciptanya adalah Alison Carlier. "Ini rekaman audio yang berisi kata sifat, garis, dan tanda," ucapnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (18/9/2014).

Pihak penyelenggara Jerwood Drawing yang sudah digelar sejak 1994 silam ini memberikan total hadiah setara Rp 155,8 juta. Karyanya tersebut akan dipamerkan akhir pekan ini.



Dalam rekaman suara, sang seniman mengatakan kata-kata seperti 'keras, merah, coklat' yang menggambarkan wujud sebuah pot bunga peninggalan bangs Romawi.


"Beberapa waktu lalu saya mendatangi British Museum dan membaca sebuah buku tentang situs peninggalan Romawi," paparnya.


Ia pun membacanya dengan suara keras dan melakukannya seperti membaca sebuah puisi. Selain karya Carlier, empat tahun lalu seorang seniman Susan Philipsz juga mendapatkan penghargaan Turner di Inggris yang karyanya merupakan instalasi suara.


(tia/mmu)