Kasihan! Patung Kelinci Raksasa di Taiwan Terbakar

Jakarta - Jika patung-patung karya Florentijn Hofman terkenal seantero dunia dengan ukuran berskala besar, namun patung kelinci yang dibuatnya untuk Taoyuan Land Art Festival di Taiwan utara sayangnya kini telah terbakar.

Padahal patung kelinci setinggi 82 kaki tersebut diciptakannya di bekas lahan landasan pesawat atau hanggar tua di kota tersebut. Cek beritanya selengkapnya di sini.


Patung kelinci raksasa tersebut dibongkar pada 15 September lalu. "Karya seni Hofman menarik ratusan ribu pengunjung setiap harinya selama 11 hari dengan hampir 2,5 juta pengunjung selama festival," ungkapnya Kamis (18/9/2014).


Padahal karya seni tersebut terinspirasi dari cerita rakyat Tiongkok mengenai seekor kelinci yang menjadi teman sekaligus peliharaan dari Chang'e atau dewi yang tinggal di bulan.


Pihak kepolisian setempat percaya jika percikan dari gergaji memicu kebakaran dan menghancurkan sebagian besar potongan. Serta hanya menyisakan satu lengan dan telinga kelinci. Sebelumnya, Hofman pernah memajang patung balon bebek raksasa di sepanjang sungai di Tiongkok pada 2013 lalu.


(tia/ron)