Karya Seni Korban Bom Nuklir Hiroshima Dipamerkan di Manchester

Jakarta - Untuk pertama kalinya, karya seni korban yang selamat dari bom atom Hiroshima tahun 1945 silam dipamerkan di luar Jepang. Nantinya lukisan tersebut akan dipajang di Manchester Art Gallery, Inggris.

Di tahun tersebut, korban bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki diperkirakan mencapai 80 ribu orang. Jumlah itu ditambah dengan warga Jepang yang meninggal dunia akibat penyakit radiasi yang melebihi 135 ribu jiwa.


Seperti dikutip dari BBC, lukisan tersebut dibuat atas permintaan badan penyiaran Jepang NHK di tahun 1970 lalu. Lukisan itu menggambarkan adegan mengerikan di tanggal 6 Agustus 1945 ketika bom atom pertama dijatuhkan dari pesawat Amerika Serikat sepanjang Perang Dunia II.


Di pameran tersebut terdapat 12 lukisan dan gambar yang disebut dengan 'hibakusha'. "Ini gambaran korban yang terkena bom," ujar salah seorang kurator Jumat (19/8/2014).


Lukisan tersebut menjadi salah satu yang dipajang dalam pameran yang bertajuk 'The Sensory War 1914-2014 di Manchester. Serta berlangsung dari 11 Oktober hingga 22 Februari 2015 mendatang.


(tia/mmu)