Berpose Tak Lazim, Lukisan Potret Ini Menangkan Hadiah Rp 39,2 Juta

Jakarta - Sebuah lukisan potret sutradara teater Sir Jonathan Miller berhasil memenangkan penghargaan dari Royal Society of Potrait Painters.

Bisa jadi ini karena pose obyek lukisan yang agak kurang lazim. Biasanya obyek lukisan digambarkan sebagai pribadi yang berwibawa dengan tangan yang santai di kiri dan kanan tubuh. Namun dalam lukisan ini sang obyek berpose sangat natural dengan meletakkan lengannya di atas kepala.


Untuk kemenangan ini Saied Dai, si pelukis potret itu berhak atas hadiah senilai Rp 39,2 juta. Seperti diberitakan oleh BBC, Kamis (8/5/2014), tahun ini Dai jadi satu dari sekitar 200 pelukis potret yang mengikuti lomba potret terbesar di Inggris itu.


Tahun ini tema lomba adalah keberagaman genre. Selain Dai ada pelukis potret seperti Jennifer McRae yang dianugerahi Ondaatje Prize untuk kategori seni potret. Karya McRae berjudul 'Conversation with Duncan'. Seniman lainnya adalah Flora Watson yang juga memenangkan Laszlo Foundation Awards untuk kategori seniman muda di bawah usia 35 tahun.


Selama ini, kompetisi seniman potrait selalu menampilkan obyek sejumlah tokoh terkenal. Misalnya saja, mantan Perdana Menteri Tony Blair dan politisi Lord Kinnock dan Sir Menzies Campbell. Serta atlet Sir Roger Bannister dan pelatih kuda Sir Marck Prescott. Wajah aktris Tamsin Greig dan penyanyi opera Jonathan Viera juga pernah dibuat lukisan potretnya.


(tia/utw)