Nama Shakespeare Jadi Ikon Populer Budaya Inggris

Jakarta - Sebuah rilis dalam survei internasional meneliti mengenai siapa tokoh yang menjadi ikon populer Inggris. Tepatnya siapa yang membawa nama Inggris terkenal hingga ke seluruh dunia. Secara mengejutkan nama Shakespeare muncul menjadi tokoh yang paling banyak disebut dalam survei tersebut.

Meski juga ada nama seperti pesebakbola David Beckham berada di posisi berikutnya. Meski ada pula nama JK Rowling, Adele, Paul McCartney, Elton John, dan tentu saja The Beatles.


Dalam situs BBC dijelaskan survei ini dilakukan oleh British Council. Survei ini mengambil 5 ribu orang sebagai responden dari seluruh dunia. Termasuk di India, China, Amerika, hingga warga Eropa. Di China misalnya, nama 'Shakespeare' disebut paling populer karena karyanya 'Hamlet' yang dianggap membawa nama baik Inggris.


Shakespeare wafat pada 23 April 1616 dalam usia ke 51 tahun. Bulan kematiannya bertepatan dengan kelahirannya yang jatuh pada 26 April 1564 di Stratford-upon-Avon, Warwickshire. Shakespeare diketahui telah menulis sekitar 38 drama tragedi, komedi, sejarah, dan bahkan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain.


Proses penulisannya terjadi antara tahun 1585 dan 1613. Dramanya telah dipentaskan dalam berbagai versi dan terkenal hingga sekarang ini.


(tia/utw)