Novelis Danielle Steel Dapat Penghargaan Tertinggi dari Prancis

Jakarta - Tak sembarang orang bisa mendapatkan penghargaan tertinggi, Legion d'honneu dari pemerintah Prancis. Di antara sedikit orang yang dianugrahi penghargaaan ini adalah novelis asal Amerika Serikat, Danielle Steel.

Seluruh novel Steel telah terjual hingga 600 juta salinan diseluruh dunia. Tepatnya di 70 negara dan bukunya telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa. Danielle-Fernande Dominique Schulein-Steel, lahir 14 Agustus 1947 di New York, hingga saat ini telah menikah sampai lima kali.


Penghargaan itu yang dikabarkan diserahkan Rabu (1/1/2014). Sebelum Steel ada beberapa seniman non Prancis yang juga pernah menerima penghargaan serupa. Mulai dari Bono, Bob Dylan, dan Philip Roth. Mereka rata-rata diberi penghargaan karena telah berjasa terhadap pemerintah Prancis.



Khususnya untuk Steel, pemerintah Prancis memberikan gelar 'Chevalier' (atau ksatria). Gelar ini pertama kali diberikan oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1802.

Pada tahun 2002, Steel sudah meraih gelar kehormatan dari pemerintah Prancis. Kala itu yang diberikan adalah penghargaan tertinggi di bidang seni yakni sebagai Officer of the Order of Arts and Letters.


Steel punya keyakinan mengapa dia bisa sampai mendapatkan penghargaan ini. "Ya, saya selalu kembali pada hal-hal klasik. Aku suka literatur Prancis. Colette adalah idola favoritku," kata Steel seperti dikutip The Telegraph.


Steel sendiri selain tinggal di San Fransisco memang punya rumah juga di Paris. Itulah mengapa di banyak adegan novelnya dia sering menyelipkan suasana Paris. Kini lebih dari 20 novelnya sudah diadaptasi ke film televisi. Termasuk dua di antaranya yang menjadi nominasi Golden Globe.


Pemerintah Prancis memang secara tradisional selalu mengumumkan siapa yang berhak mendapat penghargaan terhormat mereka pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya.


Bersama dengan Steel juga ada aktris Prancis berusia 93 tahun, Michèle Morgan yang menerima penghargaan ini. Selama hampir tiga dekade Morgan sering membintangi film bersama aktor kondang dunia mulai dari Humphrey Bogart, Frank Sinatra hingga Yves Montand.


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!