Bebek Kuning Raksasa Meledak di Taiwan

Jakarta - Wah penggemar bebek raksasa berwarna kuning pastinya kecewa. Pasalnya pada perayaan detik-detik pergantian tahu baru, bebek karya seniman Florentijn Hofman, meledak!

Bebek raksasa yang merupakan replika dari bebek karet yang biasa ada di kamar mandi ini, berukuran 18 meter dan sengaja di apungkan di pelabuhan Taiwan sebagai bagian dari tur pertunjukan yang dilakukan bebek ini.


Perlu diketahui Hofman menciptakan bebek ini pertama kalinya pada tahun 2007. Bebek ini sudah berkeliling ke sembilan negara, termasuk Brazil, Australia dan Hong Kong.


Untuk Taiwan, bebek ini baru 11 hari dipamerkan. Sayangnya pada hari dimana si bebek diharapkan menghibur pengunjung di malam tahun baru, tepat satu jam sebelum pergantian tahun, bebek ini justru meledak.


Apa yang menjadi penyebabnya? Dilaporkan oleh saksi mata bahwa ada kemungkinan kulit dari bebek ini tercakar oleh burung elang yang sempat terbang rendah saat melewati bebek.


"Kami memohon maaf pada penggemar bebek kuning, cuacanya cukup bagus hari ini dan sampai sekarang kami belum temukan dimana masalahnya. Kami akan selidiki ini secara hati-hati," ujar pengorganisir acara ini, Huang Jing-tai, dilansir dari Telegraph (02/01/2014).


Ini adalah kali kedua meledaknya bebek kuning raksasa. Tiga kota lain di Taiwan sebelumnya juga hendak memampang bebek ini, namun semuanya terpaksa melakukan penundaan karena adanya cuaca buruk.


Bulan lalu, bebek dipamerkan di Taoyuan dan menjadi salah satu korban dari gempa bumi dengan getaran 6,3 skala ritcher.


(ass/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!