Rocker Syech Abidin Meninggal Dunia

Jakarta - Salah satu punggawa grup rock di Indonesia, Syech Abidin, meninggal dunia hari Sabtu (9/11) kemarin. Bang Syech -sapaaan akrabnya-- meninggal karena jantung.

"Tiba-tiba sekali memang. Nggak ada tanda-tanda sama sekali. Sore itu nggak ada apa-apa, tapi tiba-tiba sekitar jam setengah 6 muntah-muntah," buka si bungsu M. Fahim Iqbal saat ditemui detikHOT di rumah duka di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2013).


"Menurut dokter, papa meninggalnya karena jantung. Tapi kita keluarga aja nggak tahu kalau papa sakit jantung. Bokap sempat stroke tahun 2000, cuma stroke ringan. Tapi nggak lama udah aktif lagi, udah ngerokok lagi. Tidak ada hubungan sama meninggalnya," sambung Fahim di sela-sela kesibukannya menyapa para pelayat yang datang.


Bang Syech meninggal sekitar pukul 18.30 WIB setelah dibawa ke rumah sakit. Sampai saat ini jenazah masih dimandikan di rumah duka dan akan disemayamkan setelah pukul 13.00 WIB di TPU Kemuning, Pejaten Timur, Jakarta Selatan.


Meninggal di usia 65 tahun, Syech Abidin meninggal seorang istri bernama Amnah dan tiga anak laki-laki, M. Fahrul Rozi, M. Farizal Rizqi dan M. Fahim Iqbal. Serta sejumlah karya emas di ranah musik rock Tanah Air sejak tahun 1965.


Karya Almarhum bersama AKA di antaranya, Do What You Like (1970), Reflections (1971), Crazy Joe (1972), Sky Rider (1973), Cruel Side of Suez War (1974) dan Mr. Bulldog (1975).


Tak berhenti di situ, setelah AKA bubar, Syech Abidin kemudian membentuk grup rock lainnya bernama SAS, dan berhasil eksis. Beberapa album mereka seperti Baby Rock (1976), Bad Shock (1976), SAS Vol. III (1977), Lapar (1977) dan Sentuhan Cinta (1978).


Selamat jalan Bang Syech...

(hap/nu2)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!