Film 'Adriana' Ceritakan Misteri Sejarah Jakarta

Jakarta - Ada yang tahu cerita di balik pembangunan Patung Pancoran? Atau mengapa Monumen Nasional (Monas) dibangun? Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi 'Adriana' tahu itu semua.

'Adriana' adalah film yang menceritaka sejarah-sejarah Kota Jakarta sejak masa Batavia yang banyak tidak diketahui. Menariknya, sejarah yang terkenal membosankan itu dibalut dengan genre drama romantis ala remaja.


"Film ini luar biasa. Bagaimana bercerita tentang pembangunan Masjid Istiqlal yang ditunda karena membangun Monas jauh lebih penting sebagai ikon negara," ungkap Wakil Gubernur Basuki Tjahja Purnama saat nonton bareng di XXI Planet Hollywood, Jakarta Selatan, Sabtu (9/11/2013) malam.


"Coba lihat, cuma Bung Karno yang berani mengutamakan konstitusi di atas agama," tegasnya merujuk pada masa kepemimpinan Bung Karno yang banyak dibahas di film tersebut.


Diperankan oleh Eva Celia (Adriana), Kevin Julio (Sobar) dan Adipati Dolken (Mamen), 'Adriana' mencertiakan romansa cinta segitiga dimana Adriana selalu memberikan teka-teki pada dua laki-laki tersebut. Bukan teka-teki biasa melainkan mengarah pada sejarah Jakarta.


'Sang pemuda harus bergerak untuk mendaptkan cintanya' itulah sepenggal teka-teki yang diberikan Adriana pada Sobar yang ternyata jawabannya merujuk pada Patung 'Pizza' di Bunderan Senayan. Menarik bukan?


Saat ini film garapan Visi Lintas Films itu sudah tayang di bioskop-bioskop di Indonesia. Siap bermain teka-teki bersama Adriana?

(hap/nu2)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!