Ini Solusi Pemerintah Tawarkan untuk Atasi Pembajakan

Jakarta - Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Gita Wirjawan melakukan pertemuan dengan para musisi Indonesia. Pertemuan tersebut tak lain membahas pembajakan di industri musik Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Gita sempat menuturkan solusi untuk menekan angka pembajakan. Seperti apa solusi yang ditawarkan?


"Saya menangkap dari hasil pertemuan tadi, nanti semua musisi dikasih pin. Sehingga semua musisi punya akses langsung terhadap penjualan CD," ujar salah satu musisi yang ikut dalam pertemuan tersebut, Ikang Fauzi saat ditemui di saat ditemui di Gedung Kementerian Perdagangan RI, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013).


Ikang pun menyambut baik dari solusi yang ditawarkan oleh Gita. Baginya, sistem yang disarankan bisa efektif dalam menekan angka pembajakan yang kini semakin menggila.


"Efektif. Karena bisa terdeteksi, teregistrasi. Punya pin masing-masing musisi. Nggak perlu asosiasi lagi. Ini sesuai ketentuan, pemerintah jadi watch dog regulator. Tapi bisnis industri itu sendiri harus sehat," ungkapnya.


Tapi, Ikang juga mengingatkan tak hanya dari pemerintah yang harusnya berkerja. Masyarakat pun diminta untuk lebih meningkatkan kesadarannya tentang pembajakan.


"Nah, itu masyarakat perlu diedukasi. Jadi seandainya kita watch dop kita ajak kerja sama. Nanti kita lakukan step by step sistem kita ubah, pertama sistem harus diubah. Banyak penyimpangan yang terjadi, makannya sistemnya harus benar," harapnya.


(fk/fk)