Cerita Ifa Isfansyah dan Dewi Irawan tentang '9 Summers 10 Autumns'

Jakarta - Sempat muncul perdebatan panjang dari tim produksi film '9 Summers 10 Autumns' soal adegan munculnya Iwan kecil dalam kehidupan Iwan dewasa yang telah menjalani karier di AS. Apa alasannya tetap memasukkan bagian tersebut dalam film?

"Itu sempat ingin dihilangkan, tapi mungkin memang pada saat kita baca lagi novelnya Mas Iwan, memang itu yang sebenarnya membuat beda," ucap sutradara Ifa Isfansyah kepada detikHOT.


Ifa tak ingin adegan tersebut memberikan kesan horor. Ia kemudian meyakinkan produser, kehadiran Iwan kecil sebagai bayang-bayang, tak akan mengurangi esensi dari pesan yang ingin disampaikan.


Cerita tentang keluarga yang memberikan inspirasi menjadi daya tarik utama bagi Ifa saat menerima tawaran menyutradarai film tersebut. Bagi Ifa, film adalah media yang jujur dan lebih dari sekadar hiburan.


"Di keluarga ini yang sangat menarik buat saya adalah karakter-karakternya bagaimana semua ini benturan-benturan mereka dalam sebuah rumah yang bisa dibilang kecil untuk 7 orang yang besar-besar ini. Buat saya memang Iwan menjadi satu karakter yang harus diikuti oleh penonton dari awal sampai akhir," paparnya.


Untuk menunjang cerita yang ditampilkan, sutradara pemenang Piala Citra itu juga berhati-hati memilih aktor-aktor pemerannya. Ia dibantu oleh Dewi Irawan, pemeran ibu yang juga bertindak sebagai casting director.


Sejak awal terlibat dalam produksi film itu, Dewi sudah mengungkapkan keinginannya untuk dilibatkan dalam pemilihan pemain. Hal itu itu timbul dari kegusarannya selama ini melihat beberapa tayangan FTV atau sinetron dan film yang kurang sesuai dalam pemilihan aktornya.


"Saya memang kepengen banget dari dulu karena saya tuh suka gatel kalau lihat film atau FTV, terutama. Bapaknya kayak Mas Alex (Komang), ibunya kayak aku terus anaknya bisa kayak Cathy Sharon. Pokoknya yang aneh-aneh jadinya," ucap Dewi.


Akhirnya tokoh Ihsan Tarore dipilih memerankan Iwan, sementara Agni Pratistha dan Dira Sugandi berperan sebagai kakak-kakaknya. Film tersebut juga dimeriahkan bintang pendatang baru, Shafil Hamdi Nawara sebagai Iwan kecil yang merupakan bakat asli dari kota Batu, Malang, serta Hayria Faturrahman.


"Mbak Isa dan Mbak Inan ini yang sebenarnya saya tahu sekali di screen time-nya film ini akan sedikit. Nah, makanya saya pilih Dira Sugandi dan Agni yang dua orang ini menurut saya, walaupun screen time-nya sedikit tapi pasti akan mencuri perhatian dan pasti nggak akan dilupakan," ucap Ifa.


(ich/mmu)