72 Film Siap Tayang di Festival Film Eropa Tahun Ini

Jakarta - Uni Eropa kembali menyelenggarakan Festival Film Eropa yang tahun ini memasuki pagelaran ke-13 pada Mei mendatang. Tahun ini Festival Film Eropa akan menampilkan film hasil karya sutradara-sutradara baru dalam sinema Eropa.

Hal tersebut dikatakan Duta Besar Uni Eropa Julian Wilson dalam konfrensi pers di Hotel La Meridien, Jakarta, Selasa (23/4/2013). Festival ini akan digelar serentak mulai 3 - 12 Mei 2013 di 7 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta. Semua film akan diputar secara gratis.


Ada dua hal baru yang akan hadir di festival tahun ini. Pertama, hadirnya segmen untuk anak-anak dengan film animasi, selain itu adanya pemutaran film dengan konsep layar tancap. Diharapkan dengan tambahan ini maka akan lebih banyak lagi penikmat film Eropa di Indonesia.


Malam pembukaan festival akan menayangkan film aksi dari Jerman 'The Fourth State' karya sutradara Dennis Gansel, dan untuk penutupan akan ditayangkan untuk pertama kalinya film asal Norwegia 'Headhunters'. Total akan ada 72 film dari 30 negara Eropa yang akan diputar.


Untuk kelas Box Office, akan hadir film 'Come As You Are' dan 'We Have A Pop'. Sedangkan pada bagian Discovery, film-film dari sutradara yang belum terkenal misalnya 'Balls' dan 'Crossing Boundaries'.


Bagian ketiga adalah Documenter. Dalam bagian ini ada beberapa film yang menarik, seperti karya Anton Corbijn seorang fotografer banyak grup band fenomenal di dunia atau Diane Vreeland yang merupakan seorang fashion designer.


Jadi tunggu apa lagi, acara ini akan menjadi pengalaman baru menyaksikan film-film Eropa berkualitas dan tentunya berbeda dari film-film Hollywood. "Selamat menikmati film-film serta festivalnya," ujar Orlow Sunke selaku Direktur Festival Film Eropa 2013.


(ich/mmu)