Mengintip Proses 'Dramatic Reading' Film Adaptasi 'Bulan di Atas Kuburan'

Jakarta - Sebuah film terbaru bertajuk 'Bulan di Atas Kuburan' kini telah memasuki proses penggarapan. Sebelum dimulai, sebuah proses dramatic reading digelar di Auditorium Galeri Indonesia Kaya pada Sabtu (4/4/2015).

Dalam proses dramatic reading digambarkan adegan demi adegan yang akan muncul di film yang diapatasi dari film dengan judul yang sama karya Asrul Sani. Film tersebut sendiri terinspirasi dari puisi berjudul 'Malam Lebaran' karya Sitor Situmorang.


Diawali dengan narasi tentang Sahat (Rio Dewanto) yang berniat merantau, lalu dimulai lah monologue oleh sang Ibu (Mutiara) yang menceritakan sejarah keluarga serta desa tempat tinggal Sahat, desa Samosir yang menyediakan apapun yang Sahat butuhkan, namun rasa haus anaknya tak dapat tertahan hingga Ia pun mengikhlaskan kepergian sang anak ke Jakarta.


Selanjutnya tampil sebagai Mona, Atiqah Hasiholan menceritakan sesosok anak muda yang hidup bergelimpang harta namun dicekam rasa sepi dalam hatinya. Hanya ada satu oase yang mengisi kekeringan dalam hati, yaitu sebuah naskah karya Sahat, yang melambungkan impiannya juga untuk berani mengadu nasib ke Jakarta. Berbagai konflik asmara dan keluarga dimunculkan dari penggalan dialognya, mulai dari sifat membangkang kepada sang Ayah hingga rasa kagumnya akan Sahat.


Berganti lalu muncul Ria Irawan sebagai istri dari Sabar (Tio Pakusadewo) kerabat dari Sahat. Sosok Minar, wanita Jawa dan juga istri yang sabar, penurut, serta gampang luluh terhadap kata manis sang suami yang terus menjanjikannya kesuksesan di tengah himpitan kerasnya jakarta. Dia tak peduli dengan kesuksesan yang dijanjikan oleh sang suami, namun karena dengan Sabar dia merasa bahagia tak peduli bagaimanapun keadaan nasib mereka bahkan saat mereka harus menerima dua orang yang hendak menumpang, Sahat dan Tigor (Donny Alamsyah).


Sampai suatu saat Minar menjadi kaya raya, akankah justru kebahagiaan yang diidamkan Sabar akan diraihnya? atau justru mereka malah lupa diri?


Dalam Dramatic Reading tersebut ada canda yang dibawakan sosok Minar yang polos, serta romansa cinta yang apa adanya. Tak pelak tawa dari penonton yang hadir pun menghiasi dialog yang dibawakannya.


Sebuah suguhan yang layak untuk disimak dengan pesan-pesan nilai kemanusian dari berbagai sudut pandang. Film yang akan dirilis pada tanggal 16 April mendatang dan diisi oleh aktor terkenal seperti, Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan, Donny Alamsyah, Ria Irawan, dan Mutiara Sani.


(ass/fk)