Lomba Cipta Lagu Dangdut 2013 Berakhir, Rhoma Irama Bangga

Jakarta - Guna melestarikan industri musik dangdut, Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) menggelar acara Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCLD) tingkat nasional 2013. Dan semalam terpilihlah 12 juara lomba tersebut.

Keduabelas juara itu telah melalui proses yang panjang dari 200 peserta. Lalu, terpilihlah 12 finalis terbaik itu yang penjurian akhir untuk menentukan pemenangnya dinilai oleh Bang Haji Rhoma Irama.


"Ada tiga hal penilaian yaitu tema, syair, dan notasi. Secara teknis, ada penjurian awal dan penjurian akhir. Combine bagaimana lagu saat mentah dan sudah jadi aransemennya. Jadi ada penilaian sebelum dan sesudah lagu itu dibuat," ujar Hendro selaku tim panitia LCLD saat menggelar malam pengumumannya di Hotel Kartika Chandra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2013) malam.


Pemenang lomba yang telah digelar untuk keempat kalinya itu pun sangat beragam. Tak hanya dari Jakarta dan Jawa, tapi pemenang juga berasal dari Pulau Kalimantan.


"Tahun ini pemenangnya paling banyak dari Jawa dan Jakarta. Tapi tahun ini juga cukup merata (pemenangnya), karena ada juga dari Kalimantan, Banjarmasin, dan kota-kota kecil di Sumatera," jelas Ikke Nurjanah yang juga sebagai ketua panitia LCLD.


Ketua PAMMI, Rhoma Irama mengaku bangga dengan maraknya para pencipta lagu dangdut dalam lomba tersebut. "Saya bangga karena antusiasme para pencipta lagu khususnya dangdut masih sangat bergairah. Mereka mengirimkan lagu-lagu dengan tema yang beragam. Mulai dari tema cinta, keanekaragaman budaya sampai kebanggaan pada tanah air tercinta," katanya.


Kedepannya, keduabelas lagu finalis itu akan didendangkan oleh penyanyi-penyanyi dangdut kenamaan. Ikke juga berharap dengan adanya LCLD bisa meningkatkan industri kreatif tanah air terutama dalam penciptaan lagu-lagu dangdut yang berkualitas.


"Lagu-lagu ini akan dibawakan oleh para penyanyi senior dan adik-adik penyanyi baru seperti yang di KDI. Kalau seniornya ada Evie Tamala, Rita Sugiarto, ayah Mansyur S, banyak yang ikut, kecuali bang Haji (Rhoma) nggak ikut nyanyi. Ajang ini agar merangkul pencipta lagu muda untuk kemajuan musik dangdut Indonesia," pungkas mantan istri Aldi Bragi tersebut.


Berikut Pemenang Lomba Cipta Lagu Dangdut 2013:

(Judul Lagu dan Penciptanya)


1. Oleh-oleh : Nanang Suwito

2. Asli Indonesia : Toto Anggit

3. Dua Pilihan : Alwi Hasan

4. Budaya dan Kehancuran : Aziz Thalib

5. Bawalah Aku : MA Thayib

6. Bulan Pun Tersenyum : Suto Pranto

7. Jakarta Lampung : Nanok Sumanjaya

8. Selamat Datang Harapan: Maskur Prima

9. Panen Raya : Tartusi

10. Kembang Perawan : Maulana S dan Cecep Bosela

11. Budaya : Anita Dahlan

12. Dibalik Khayal : Lita Lia


(mau/wes)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!