Festival Film Indonesia untuk Pertama Kali Digelar di Korea

Jakarta - Untuk pertama kalinya Festival Film Indonesia digelar di Korea Selatan (Korsel). Festival ini diadakan di CGV Cinema, gedung bioskop megah di pusat kota Seoul, dan dibuka Kamis (26/9/2013).

Sembilan film box office Indonesia bisa disaksikan masyarakat Korsel hingga dua minggu ke depan. Film-film tersebut adalah 'Habibie dan Ainun', 'Laskar Pelangi', 'Sang Penari', '5 Cm', 'Modus Anomali', 'Recto Verso', 'The Raid', 'Belenggu' dan '9 Summers 10 Auntums'.


Pembukaan festival dihadiri pejabat tinggi kedua negara. Dari Indonesia diwakili Menko Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dan dari Korea Selatan oleh Menteri Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Gedung pertunjukan dipenuhi penonton dan tamu undangan. Mereka terdiri dari pegiat film Korea, dunia usaha, jurnalis dan masyarakat Seoul.


Dari Indonesia hadir antara lain sutradara 'Habibie dan Ainun' Fauzan Rizal, aktor senior Alex Komang, dan Atiqah Hasiholan.


Acara ini digelar untuk memperingati 40 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea. Hatta Rajasa menyebutnya sebagai bagian dari soft power diplomacy. "Bahkan sekarang relasi dunia film Indonesia-Korea tak hanya terbatas pada festival, melainkan sudah sampai pada tahap join production," ujarnya.


Menurut Hatta, film Indonesia dan Korea banyak kemiripannya, karena kental dengan unsur romantisme dan sentimentil.


(dru/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!