Suka Selfie? Di Museum Ini Dilarang Bawa Tongsis

Jakarta - Tongkat narsis atau tongsis dikenal sebagai alat untuk foto diri sendiri agar tetap eksis. Namun, di beberapa museum di Amerika Serikat, galeri seni di Australia hingga beberapa tempat di Eropa alat ini dilarang dibawa. Lho?

"Ini langkah pencegahan untuk melindungi pengunjung dan objek museum apalagi saat pengunjung padat," ucap juru bicara Museum Smithsonian John Gibbons, seperti dilansir BBC, Jumat (6/3/2015).


Museum Smithsonian Washington, Amerika Serikat pun baru memberlakukan larangan tersebut bulan ini. Pihaknya menyarankan agar pengunjung yang datang ke museum tidak membawa tongsis.


"Lebih baik selfie tanpa tongsis. Jika tetap membawanya kami akan meminta untuk meninggalkan tongsis di dalam tasnya atau di tempat penitipan barang," tambahnya lagi.


Baca Juga: Karya Maestro Keramik Keng Sien Akan Dipamerkan di Galeri Salihara


Tahun lalu, museum ini menjadi salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Di dalamnya terdapat 19 museum dan galeri, 9 pusat riset dan Taman Satwa Nasional. Tercatat terdapat 28 juta pengunjung setiap tahunnya.


"Sepuluh tahun yang lalu, tidak ada yang menyangka ada alat tongsis yang menjadi sangat populer," katanya.


Pelarangan membawa tongsis tidak hanya terjadi di museum Smithsonian saja tapi museum lainnya sudah memberlakukan larangan ini. Seperti Museum Seni Metropolitan New York, Museum Seni Modern NeW York.


Sedangkan di Eropa, tongsis dilarang dalam pertandingan sepak bola, gedung musik di London seperti O2 dan Wembley Arena.


(tia/mmu)