Ada Pemutaran Film Pemenang Oscar di XXI Short Film Festival 2015

Jakarta - Ajang kompetisi XXI Short Film Festival 2015 tidak hanya menampilkan film-film pemenang sebagai sajiannya. Tapi ada banyak acara lain yang bisa dinikmati dan tak kalah seru selama penyelenggaraan 18-22 Maret 2015.

Pertama adalah Pitching Forum atau program pendanaan film pendek. Program ini memberikan kesempatan pada 30 filmmaker untuk menyampaikan idenya. Mereka kemudian dinilai dan tiga terbaik mendapat hadiah berupa dana produksi sebesar Rp 10 juta serta film buatannya nanti bisa ditayangkan di XXI Short Film Festival 2015.


"Kita juga akan ada 11 workshop selama kegiatan XXI Short Film Festival 2015. Semuanya digelar di Epicentrum XXI Kuningan pada tanggal 19-22 Maret, dari jam 14.00-20.00 WIB," jelas Program Director XXI Short Film Festival 2015, Noval Yazid, saat jumpa pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat Kamis (5/3/2015).


Rangkaian pemutaran film pendek terbaik internasional juga hadir. Dari lima film, salah satunya adalah film peraih 'Best Live Action Short' di Academy Awards 2015 kemarin, berjudul 'The Phone Call'. Dari dalam negeri, film pendek terbaik Venice Film Festival 2014, 'Maryam' turut meramaikan bersama trailer film animasi panjang berjudul 'Battle of Surabaya'.


"Berikutnya adalah program 'Focus on Directors'. Kita undang Yosep Anggi Noen (Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya) dan Riri Riza. Mereka berdua akan berbagi ilmu kepada masyarakat luas tentang film pendek," sambung Noval lagi.


Terakhir adalah program bernama Sharing Session. Para filmmaker siap bertatap muka dan berdiskusi dengan pimpinan empat rumah produksi film terbesar di Indonesia.


"Untuk program Sharing Session kita undang empat bos rumah produksi. Hanung Bramantyo dari Dapur Film, Parwez dari StarVision, Putut dari Mizan Production dan Yunka dari Maxima Pictures. Serta praktisi film Wahyu Aditya," jelas Noval lagi menutup jumpa pers.


(mif/ich)