Eileen Kramer, Koreografer Tertua di Dunia yang Berusia 100 Tahun

Jakarta - Segala sesuatu bisa terjadi ketika mencapai usia 100 tahun. Begitu ucapan dari penari sekaligus koreografer tertua di dunia bernama Eileen Kramer. Sepanjang hidupnya Eileen selalu menari dan menciptakan tarian kontemporer.

Eileen lahir di tahun 1914 silam di pinggiran kota Sydney, Australia yang dikenal dengan Mosman Bay. Ia dibesarkan oleh keluarga pemusik dan mempunyai cita-cita sebagai penyanyi opera.


Di usia 22 tahun, Eileen berubah cita-cita menjadi seorang penari dan menceburkan dirinya dalam dunia tari modern. Kini, ia menjadi salah satu koreografer tertua di dunia.


Baca Juga: Ikuti 5 Seniman Tato Terbaik Ini di Instagram


Bulan lalu, Eileen diundang untuk residensi di Bundanon Trust Australia dalam program 'Arts in Residence'. Ia menghabiskan waktunya membuat tarian 'The Early Ones'. Tarian yang diciptakannya bersama sutradara Julia Cotton dan komposer Nicholas Lyon.


"Ia punya semangat dan ambisi yang kuat. Tubuh dan usianya yang mencapai 100 tahun tidak ada apa-apanya dengan semangat menari," ucap penari Anya McKee.


Sepanjang hidupnya, Eileen sudah pernah menari di New York, India, Paris, London, dan Virginia bagian barat. Di tahun 1999, ia kembali ke Sydney Australia. "Saya ingin mendengar dan mencium gumtree ," katanya seperti dilansir ABC News.


Tariannya akan dipentaskan di Teater Mandiri, Sydney bagian utara pada 13-14 Maret 2015. Berikut videonya:


(tia/mmu)