KCI Gandeng Pencipta Lagu Selamatkan Musik Indonesia

Jakarta - Bagus dan populernya sebuah lagu tentunya tak lepas dari kontribusi penciptanya. Untuk menghargai eksistensi para pencipta lagu, maka Yayasan Karya Cipta Indonesia atau KCI mengusung sebuah gagasan untuk 'memuliakan' para composer juga pencipta lagu.

Gagasan tersebut dirangkum dalam sebuah acara diskusi bertajuk 'KCI Gelar Halal Bihalal dan Sarasehan Tentang Hak Cipta di Bidang Musik' di Jakarta, Selasa (10/9/2013).


Ketua KCI Dharma Oratmangun mengungkapkan, jalinan yang dibangun antara yayasan yang ia pimpin dengan segenap para pencipta lagu amat penting.


"Acara ini sebagai bentuk kerjasama di antara Dewan Pimpinan beserta staf KCI dengan para pencipta lagu yang telah memberikan kuasa atas karya ciptanya kepada KCI, serta para user yang menggunakan lagu-lagunya seperti pengusaha karaoke," ujar Dharma.


Bagi Dharma, para pencipta lagu membutuhkan lembaga yang dapat menjadi payung bagi hak-hak mereka. Baik itu dalam hal keuntungan atau royalti.


"Perkembangan IT semakin pesat. Kita perlu mendiskusikan hal ini demi meminimalisir pembajakan yang merugikan para pencipta lagu," imbuh Dharma.


(doc/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!