Daniel Sahuleka Siap Tuntut Sony Music Entertainment Indonesia

Jakarta - Solois balada Internasional, Daniel Sahuleka saat ini sedang menempuh jalur hukum atas karya-karya legendarisnya. Apa yang terjadi?

Sony Music Entertainment Indonesia selaku publisher dikabarkan dengan sengaja mengedarkan karya Daniel Sahuleka tanpa izin. Lagu berjudul 'Don't Sleep Away the Night' itu diedarkan secara komersil melalui jaringan iTunes.


"Awalnya lagu ini dinyanyikan ulang oleh penyanyi senior di Indonesia, Glenn Fredly dan dirilis dalam album kompilasi," buka Johnny Maukar selaku manajer Daniel Sahuleka saat ditemui di Kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).


Meski mengakui sempat ada mediasi antara pihak Daniel dan Sony Music, tapi masalah tak begitu saja selesai. Dari mediasi itu terlahir perjanjian yaitu tindakan penarikan seluruh album kompilasi terkait dari pasar.


Namun ternyata, Sony Music kembali dikabarkan menyebarluaskan melalui jaringan iTunes. "Tapi ternyata mediasi tidak ditepati, jadi kita harus menempuh jalur hukum," lanjut Johnny Maukar.


Tuntutan pelantun 'Adore' itu adalah mengenai pembagian royalti yang diakui tidak pernah diterima Daniel Sahuleka sejak dirinya mengambil alih hak publisher tahun 2002 silam.


"Daniel tidak pernah mendapatkan royalti sepanjang hidupnya untuk lagu 'Don't Sleep Away the Night' dan 'You Make My World So Colorfull," tutur Elis, istri dari Daniel Sahuleka.


"Kita sudah coba dari beberapa tahun lalu, bahkan tahun 2012 dan 2013 kemarin saya dan Daniel sudah mendatangi kantor Sony Music. Tapi mereka selalu mengelak dengan melemparkan tanggung jawab kepada kantor pusatnya di luar negri," lanjut Elis lagi.


Saat dihubungi oleh detikHOT, pihak Sony Music Entertainment pun belum mau berkomentar perihal tuntutan Daniel.


(hap/nu2)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!