Galeri Nasional Gelar Pameran Program Residensi

Jakarta - Sejak tahun 2013 ini, Galeri Nasional dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia menggandeng Ruang Rupa untuk menjalankan program residensi seniman. Program yang bisa diikuti oleh seniman dari dalam dan luar negeri ini, telah dibuka untuk pendaftaran karya sejak pertengahan Juli lalu.

Akhirnya terpilih enam seniman dari 104 proposal yang masuk. Mereka adalah Ardi Gunawan, Ari Dina Krestiawan dan Bujangan Urban dari Indonesia, Erika Kapronczai dari Hungaria, Sarah F. Maloney dari Kanada dan Wendelien Bakker dari Belanda. Para seniman ini telah mengikuti masa residensi selama lima minggu.


"Kami percaya bahwa program semacam ini dapat menciptakan suasana diskusi dan kerja kreatif yang dinamis antar-seniman dari beragam bidang seni dan berbagai latar belakang sosial budaya," kata Tubagus 'Andre' Sukmana, Kepala Galeri Nasional Indonesia dalam sekapur sirih buku pameran.


Pada Sabtu (21/9) lalu, pameran dari program residensi ini telah resmi dibuka. "Program ini diharapkan bisa diadakan setiap tahun, sehingga dapat terus mendorong seniman muda untuk berproses kreatif dengan lebih intens dan menghasilkan tawaran gagasan yang inspiratif," kata Ade Darmawan, Direktur Ruang Rupa.


Acara pembukaan ini turut diramaikan dengan penampilan dari band White Shoes and the Couples Company dan DJ Racun Kota. Pamerannya sendiri akan diselenggarakan hingga 30 September 2013 di Gedung C, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.


Selain pameran, program ini juga akan mengadakan dua lokakarya, bertajuk Stensil dengan Bujangan Urban dan Playing with Mirrors dengan Ardi Gunawan. Juga akan ada diskusi pada 25 September 2013 nanti, bersama Leonhard Bartolomeus.


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!