Qatar Siapkan Rp 9,7 Triliun untuk Film Biopik Nabi Muhammad

Jakarta - Para filmmaker Iran dan Qatar tengah bersaing untuk memproduksi film biopik Nabi Muhammad. Iran dilaporkan menyiapkan dana US$ 30 juta (Rp 291,9 miliar) untuk produksi film tersebut, sementara Qatar menyiapkan dana US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9,7 triliun.

Perusahaan minyak asal Qatar Alnoor Holdings yang menggelontorkan dana tersebut telah menyewa jasa produser 'Lord of the Rings' Barrie Osborne. Selain itu, untuk menjaga ceritanya agar sesuai dengan Alquran, mereka juga menggaet cendikiawan Muslim Sunni yang juga penyiar Al-Jazeera, Yusuf al-Qaradawi.


"Mereka benar-benar memiliki uang untuk memproduksi film itu," ucap Osborne seperti dilansir The Hollywood Reporter, Jumat (22/3/2013).


Sementara itu sutradara Iran Majid Majidi (The Song of Sparrows, Children of Heaven) akan memulai syuting pada Oktober mendatang. Ia berencana akan menampilkan sosok Muhammad di layar lebar, meskipun tidak akan menyorot wajahnya.


Sedangkan film Nabi Muhammad yang diproduksi Qatar--yang didominasi Muslim Sunni-- tidak akan menampilkan sosok Muhammad di layar lebar.


(ich/mmu)