Pengacara: Subur Bukan Dukun, Tidak Ada Tarif Praktik

Jakarta - Eyang Subur akhirnya bereaksi setelah disebut Adi Bing Slamet sebagai dukun yang berkemampuan mengguna-guna dan mengajarkan aliran sesat. Sang pengacara, Ramdan Alamsyah membantah semua pernyataan Adi.

Ramdan mengatakan, Subur bukanlah seorang dukun. Kata Ramdan, Subur merupakan orang tua biasa yang memang sering diminta pendapatnya. Ramdan juga mengaskan, tak ada praktik serta tarif bagi artis atau orang yang meminta pendapatnya.


"Dia bukan dukun ataupun paranormal. Nggak ada praktik dan tarif macam-macam," bela Ramdan saat berbincang dengan detikHOT, Kamis (21/3/2013).


Saat disinggung soal pengakuan warga sekitar yang meyakini Subur juga merupakan paranormal, Ramdan juga hanya menilai itu hanya perbuatan orang-orang yang ingin menjatuhkan kliennya.


"Itu semua cuma gosip untuk menjatuhkan aja," katanya.


Menyoal perdukunan, Ramdan menegaskan, tak ada kesaktian Subur yang disebut Adi bisa meramal dan sebagainya. Terlebih soal santet dan guna-guna.


"Saya tegaskan masalah ramal-ramalan nggak ada itu. Apa bedanya sih ramal sama analisa? Kalau klien kita dibilang kasih saran dan pendapat dibilang meramal juga bingung dong," kata Ramdan.


Adi juga menyebut, 'pasien' Subur dari kalangan artis tak sedikit. Banyak artis yang disebut Adi juga meminta pendapat dan lain hal dari Subur. Lalu bagaimana tanggapan pihak Subur soal tersebut?


"Eyang kan punya hobi nyanyi, pernah ikut bikin film juga dulu, memang deket sama artis aja," jelasnya. "Tapi sekali lagi dia ini bukan dukun. Dia hanya orangtua yang sering dimintai analisa dan pendapatnya," belanya lagi.


Menengok ke pengakuan Adi, mantan penyanyi cilik itu menyebut Subur sebagai dukun yang mengguna-guna dirinya selama belasan tahun. Bahkan Adi mengaku Subur ingin merebut istrinya.


"Saya sakit dia yang buat. Dia mau rebut istri saya. Dia minta istri saya buat tumbal penyakit saya biar sembuh," tuding Adi baru-baru ini.


(kmb/mmu)