Eyang Subur Menjawab Tudingan Adi Bing Slamet

Jakarta - Pria berinisial 'S' yang diyakini Adi Bing Slamet sebagai dukun akhirnya siap menjawab semua tudingan. Eyang Subur, begitulah ia dikenal.

Siang ini, Kamis (21/3/2013) Subur siap memberikan klarifikasinya bersama pengacaranya, Ramdan Alamsyah di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat detikHOT mengkonfirmasi, melalui sang pengacara, Subur pun membeberkan beberapa bantahannya mengenai pernyataan Adi.


Dikatakan Ramdan, Subur membantah pengakuan Adi soal ilmu sesat dan guna-guna. Apalagi menurut Ramdan, putra Bing Slamet itu hanya membuat pernyataan yang menjurus ke fitnah tanpa disertai bukti.


"Pertama semua yang diutarakan Adi itu nggak benar semua. Karena dia juga tidak memberikan bukti-bukti dan fakta. Dia dinyatakan disantet hingga sakit lalu tiba-tiba bergeser soal mau rebut istrinya dan lain-lain hingg dukun cabul. Ini fitnah semua," bantahnya kepada detikHOT, Kamis (21/3/2013).


Adi sebelumnya meyakini dirinya selama ini diguna-guna oleh Subur. Bahkan saat sakit jantung pada periode 2010-2011, Adi juga percaya sakit tersebut merupakan 'kiriman' Subur.


Namun hal itu juga dibantah keras oleh pihak Subur. Menurut Ramdan, pernyataan Adi itu terlalu mengada-ada. "Karena ada vonisnya kok, rekam medis dia memang sakit jantung. Masa itu mau dia bilang itu karena diguna-guna? Kalau Adi bilang penyakitnya karena Eyang yang menyebabkan sakit jantung itu kan gila kan namanya, mana buktinya?" gugat Ramdan.


Saat detikHOT mencoba mendalami perihal keyakinan Adi bahwa Subur merupakan dukun, Ramdan hanya menjawab diplomatis. Menurut Ramdan, Subur menolak disebut sebagai dukun atau paranormal sekalipun.


"Eyang ini hanya orangtua biasa yang suka diminta pendapatnya. Bukan dukun atau paranormal. Artinya gini, hal-hal begitu wajar, didatangin yang lebih muda, diberikan wejangan itu hal yang wajar," paparnya.


Sebelumnya Adi menuding, Subur telah mengguna-guna dirinya selama belasan tahun. Adi mengatakan dirinya kenal dengan Subur sejak 1995 dan menjalankan beberapa ritual yang diperintahkan Subur.


Dalam perjalanannya, Adi sempat mengakui kesaktian Subur. Namun ia mengaku sadar setelah jatuh sakit hingga akhirnya menuding Subur adalah penyebab dirinya sakit.


(kmb/mmu)