Sastrawan Top RI Diboyong ke Jerman

Leipzig - Sejumlah sastrawan kenamaan tanah air didatangkan ke Jerman untuk menjadi pembicara utama dalam Leipzig Book Fair, pameran buku internasional di Jerman.

Para sastrawan tersebut antara lain Ahmad Tohari, Sapardi Djoko Damono, Laksmi Pamuntjak, dan Nirwan Dewanto.


Mengikuti Leipzig Book Fair, merupakan salah satu syarat Indonesia sebagai Guest of Honour atau Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Leipzig Book Fair ini akan menjadi ajang perkenalan pertama Indonesia ke khalayak internasional sebagai Tamu Kehormatan.


Leipzig Book Fair merupakan pameran buku terbesar kedua di Jerman setelah Frankfurt Book Fair. Acara ini digelar dari 12-15 Maret 2015.


"Sebagai tembakan pertama itu di Leipzig," kata Ketua Komite Nasional Indonesia Program Guest of Honour FBF, Goenawan Mohammad


Para sastrawan Indonesia tiba di Leipzig, Rabu (11/5/2015) pagi waktu setempat. "Saya akan maksimal memperkenalkan sastra dan budaya Indonesia," kata Ahmad Tohari.


Ahmad Tohari, penulis novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang kemudian difilmkan dengan judul Sang Penari, akan memperkenalkan buku tersebut pada publik Jerman. Cuplikan film Sang Penari yang mendapat Piala Citra juga akan ditampilkan dalam acara itu.


Sapardi akan menjadi pembicara diskusi dengan tema 'Life in Poetry'. Aktor kawakan Slamet Raharjo Djarot akan membacakan puisi-puisi penyair yang terkenal dengan kumpulan puisi Hujan Bulan Juni tersebut.


Sedangkan Laksmi dan Nirwan akan mengisi diskusi mengenai kebebasan dalam Sastra Indonesia kontemporer.


(iy/wes)