Cangkir Mungil Dinasti Ming Pecahkan Rekor Lelang Senilai Rp 413 Miliar

Jakarta - Sebuah cangkir porselen kecil yang berasal dari era Dinasti Ming berhasil memecahkan rekor pelelangan di Sotheby Hong Kong. Cangkir yang menggambarkan induk ayam jantan sedang bersama anak-anaknya tersebut dibeli oleh kolektor Shanghai. Ia membelinya seharga Rp 413 milliar. Wow!

Usia barang seni tersebut diprediksi sekitar 500 tahun lalu. Pihak rumah lelang Sotheby mengatakan rekor sebelumnya untuk porselin Cina terjadi pada 2010 silam dengan harga Rp 372 milliar.


Perwakilan Sotheby Nicholas Chow mengatakan cangkir ini dibuat pada masa pemerintahan Dinasti Ming dengan Kaisar Chenghua sebagai pemimpinnya. Ia memerintah pada tahun 1465 hingga 1487. "Hanya ada 17 cangkir di dunia ini. Sebanyak empat buah disimpan oleh swasta, dan sisanya oleh museum," ujarnya seperti dilansir dari BBC, Selasa (15/4/2014).


Barang berharga ini, kata dia, merupakan karya seni Cina yang suci dan bernilai dalam sejarah. "Ini seperti cawan suci bagi karya seni Cina."


Pembelinya adalah Liu Yiqian. Ia adalah orang terkaya ke-200 di Cina. Harta kekayaannya diperkirakan mencapai Rp 10 trilliun. Kemungkinannya cangkir ini akan dipajang di Long Museum, Shanghai. Museum pribadinya tersebut dibuka dua tahun lalu.


(tia/utw)