'Superman vs Batman' Mulai Syuting di Detroit Awal 2014

Jakarta - Sekuel Man of Steel yang dikenal dengan proyek 'Superman vs Batman' direncanakan memulai syuting pada awal 2014 mendatang. Warner Bros. baru saja mengumumkan lokasi pengambilan gambar film tersebut.

Keputusan Warner Bros untuk mengambil lokasi di Detroit dan Michigan disambut baik oleh Michigan Film. "Film ini akan semakin menguatkan reputasi Michigan dan metro Detroit sebagai pilihan utama destinasi pembuatan film," ujar Margaret O'Riley, Direktur Michigan Film dalam keterangan pers yang dilansir Latino Review, Jumat (30/8/2013).


Media-media di Kanada sebelumnya mengabarkan bahwa sekuel 'Man of Steel' itu pindah lokasi dari Vancouver (tempat syuting film pertama) ke Toronto. Kepindahan lokasi itu kabarnya didorong oleh besaran pajak yang diberlakukan.


Produksi film kelas Hollywood memang saat ini masih yang terbesar di dunia. Mereka bisa menghabiskan US$ 1 juta atau sekitar Rp 11 miliar untuk sebuah adegan yang dilakukan selama satu hari saja.


Devisa yang berasal dari pajak tentunya ikut berpartisipasi menggerakkan perekonomian di lokasi yang menjadi pilihan syuting seperti Vancouver. Namun karena retribusi di Vancouver disebut lebih tinggi dari daerah lain, maka sutradara Zack Snyder bermigrasi ke lokasi lain.


Pindahnya produksi film Superman vs Batman itu mengikuti langkah dari film-film berskala besar lainnya. 'Fantastic Four' reboot produksi Fox juga memindahkan syuting dari Vancouver ke Lousiana untuk mendapat retribusi pajak yang lebih rendah. Fox juga memindahkan produksi 'X-Men: Days of Future Past' dari Vancouver ke Montreal.


Produksi film 'Superman vs Batman' ditaksir akan menyuntik devisa hingga US$ 131 juta untuk kota tersebut, sebagai insentif, film tersebut akan mendapat US$ 35 juta. Ada lebih dari 400 warga Michigan yang terlibat dengan 500 vendor lokal yang dilibatkan dalam produksi.


"Detroit adalah gambaran yang paling sesuai dengan kota Amerika, dan itu akan menjadi latar yang sempurna bagi film kami," ujar sutradara Zack Snyder yang menulis skenario bersama David Goyer.


Film sekuel 'Man of Steel' itu akan menampilkan Henry Cavill sebagai Superman dan Ben Affleck sebagai Batman. Meskipun gelombang protes banyak mengalir soal pemilihan Ben Affleck, namun beberapa mantan pemeran Batman seperti Val Kilmer dan Michael Keaton telah menunjukkan dukungannya.


(ich/mmu)