Pameran Instalasi Video Krisna Murti Art After Drama

Jakarta - Seniman video asal Bandung Krisna Murti akan menggelar pameran instalasi video karyanya di Galeri Salihara, Jakarta Selatan. Pameran itu bisa disaksikan hingga 4 Agustus mendatang.

Tiap orang berlaku sebagai aktor, sementara orang di sekitar adalah pemirsa dan kita menggunakan bahasa untuk menyatakan peristiwa itu. Sebagai aktor kita memainkan aneka peran: berinteraksi dengan orang lain, menciptakan cerita sendiri, mempertunjukkan sesuatu dan memberikan makna pada kehidupan ini. Begitulah Krisna Murti menggagas pameran Art After Drama, sebagai semacam petikan drama kehidupan.


Tetapi karya seni Krisna, sebenarnya, melampaui drama itu sendiri. Video-videonya tidaklah menyuguhkan kisah yang berurutan sebagaimana dalam pengertian drama klasik. Ia memberikan penontonnya kumpulan fragmenter gestur tubuh para penampil yang menantang hukum ruang dan waktu, disamping menampilkan problem representasi dan imitasi, yang real dan virtual dalam seni.


Untuk pameran kali ini, Krisna bekerja sama dengan sejumlah seniman yang memerankan tokoh-tokoh berbeda. Demikian seperti dilansir dari situs Salihara, Senin (22/7/2013).


Krisna Murti adalah seniman video yang tinggal dan berkarya di Bandung, Jawa Barat. Salah satu karyanya dalam pameran ini, “Branded Fruits Archilpelago”, dipamerkan di Art Stage Singapore 2013. Berikut ini detail rangkaian acaranya:


Seni Rupa

Pameran instalasi video Krisna Murti Art After Drama

Kurator: Jeong-ok Jeon

Galeri Salihara


Pameran: 21 Juli-04 Agustus 2013

Senin-Sabtu: 11:00-20:00 WIB

Minggu: 11:00-15:00 WIB

Hari libur nasional tutup


Bincang seniman: Sabtu, 27 Juli 2013, 16:00-18:00 WIB


(ich/ich)