Penulis Kuwait Ini Klaim 'Frozen' Jiplak Karyanya

Jakarta - Sukses menjadi film animasi terlaris sepanjang masa, 'Frozen' tiba-tiba saja diserang gugatan hukum. Seorang penulis asal Kuwait mengklaim film tersebut menjiplak tulisannya.

Dirilis oleh Aceshowbiz, Kamis (16/4/2015), penulis bernama Muneefa Abdullah itu menuntut Disney dan penulis naskah 'Frozen', Jennifer Lee di pengadilan wilayah Michigan, Amerika Serikat pada Senin (13/4). 'Frozen' dituduh menjiplak tulisan Muneefa yang berjudul 'The Snow Princess' dari buku 'New Fairy Tales'.


Baca Juga: Pamer Kostum di Potongan Trailer 'Batman v Superman: Dawn of Justice'


"Plot ceritanya, karakter, tema, latar belakang, mood hingga dialog mempunyai persamaan yang signifikan dengan 'The Snow Princess'. Ada indikasi menjiplak daripada mengembangkan kreatifitas," jelas Muneefa Abdullah dalam tuntutannya.


"Karakter Elsa dalam 'Frozen' mempunyai kekuatan ajaib yang sama dengan puteri di 'The Snow Princess'. Mereka bisa mengubah orang maupun objek apapun menjadi es. Selain itu, ada juga kesamaan dari kastil es yang berada di atas bukit," tambah Muneefa.


Baca Juga: The Brothers, Grup Opera Wakil Indonesia di Semi Final 'Asia's Got Talent'


Dalam penggarapannya, Disney maupun sutradara Chris Buck mengatakan kalau 'Frozen' terinspirasi dari buku fiksi karangan Hans Christian Andersen berjudul 'The Snow Queen' yang dirilis pada 1844. Sedangkan Muneefa Abdullah merilis buku 'The Snow Princess' miliknya pada 2007.


Sampai tuntutan ini dilayangkan, Disney ataupun Jennifer Lee belum mengeluarkan komentar. Terlepas dari benar atau tidak, 'Frozen' sudah berhasil mengumpulkan Rp 11 Triliun setelah tayang 2013 lalu. Bahkan, sekuelnya segera diproduksi.


(mif/ron)