Film Terbaik Jepang Tayang di Layar Kaca 11 Maret

Jakarta - Japan Academy Awards usai digelar pekan lalu, dan menobatkan 'The Eternal Zero' dengan delapan penghargaan, termasuk kategori Best Picture, Best Director dan Best Actor. Film tersebut akan ditayangkan di layar kaca melalui saluran RED pada 11 Maret mendatang.

'The Eternal Zero' mengangkat kisah drama Perang Dunia II tentang pilot yang mengemban misi kamikaze yang dibenci. Kentaro Saeki (Hauma Miura) belajar dari pemakaman neneknya ketika sang kakek yang ia pikir memiliki hubungan darah, ternyata tidak demikian. Kakek yang sesungguhnya, Kyuzo Miyabe (Junichi Okada), tewas pada akhir Perang Dunia II di menit terakhir misi Kamikaze pada pengendali pesawat tempur Zero.


Kentaro melakukan pencarian terhadap identitas kakek aslinya. Namun, kunjungannya ke para veteran perang sahabat kakeknya hanya membuahkan laporan buruk bahwa sang kakek adalah pengecut terbesar di jajaran Angkatan Laut.


Baca Juga: Dikomandoi Steven Spielberg, Jennifer Lawrence Akan Jadi Fotografer Perang


Tampaknya dibalik predikat pilot tak tertandingi, ia lebih mementingkan pulang ke rumah daripada mengambil bagian dalam pertempuran. Ketika pertempuran meluas, ia memilih untuk menghindari terperangkap di dalamnya dan menjauh. Motivasinya ini muncul karena ia telah berjanji kepada isterinya Matsuno (Mao Inoue) untuk pulang ke keluarganya dengan membayar biaya berapapun. Misteri besar adalah mengapa kemudian orang seperti dia rela menjadi sukarelawan pada misi Kamikaze?


Seiring dengan mendekati mereka yang ambil bagian dalam akhir kehidupan Miyabe, ia mempelajari apa yang mengendalikan seorang Miyabe. Dalam hal ini, pesan Miyabe untuk berkomitmen kepada hidupannya, akhirnya diwariskan kepada generasi masa kini. Pertanyaannya kemudian menjadi akankah Kentaro menerima atau tidak apa yang disampaikan dari masa lalu kepadanya


'The Eternal Zero' tayang di RED pada Rabu, 11 Maret jam 21.00 WIB.


(ich/ron)