Nikah Adat Batak, Judika-Duma Lewati 2 Tahap Lagi

Jakarta - Berasal dari keluarga Batak, Judika dan Duma memilih untuk menikah dengan adat Batak yang kental. Sebelum resmi menjadi pasangan suami dan istri, keduanya harus melewati empat tahap prosesi pernikahan adat Batak tersebut.

Hal ini dijelaskan Judika ketika tampil dalam sebuah acara di kawasan Anco, Jakarta Utara, Sabtu (24/8/13). Judika yang hari itu tampil dengan celana kulit dan sepatu boot menceritakan proses pernikahan yang telah dilaluinya beberapa waktu lalu.


"Adat batak kan ada empat tahap. Pertama Marhusip, itu pertemuan dua keluarga. Aku nggak ikutan di tahap itu karena cuma keluarga aja. Kedua Martupol, itu yang kemarin 22 Agustus di Medan. Martupol itu ikat janji di Gereja dan disaksikan keluarga inti di depan pendeta," ungkap Judika yang pada tahap kedua juga melakukan proses tanda tangan berkas-berkas.


"Tapi kami belum nikah, baru tanggal 31 nanti pemberkatan. Ya kemaren kayak tunangan lah. Di Martupol itu biasanya kalau ada yang keberatan ngomong disitu. Tapi aman nggak ada yang keberatan," tambah penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tersebut.


Ketika menjalankan prosesi Martupol, Judika mengaku sempat tegang dan takut salah mengucapkan janji. Dirinya bahkan tak sempat menjalankan briefing dengan pendeta sebelum prosesi dilangsungkan.


"Yang lucu, harusnya pendetanya briefing kita dulu harus jawab apa waktu ditanya 'bersediakah untuk setia sama Duma, bla bla', tapi nggak ada waktu briefing dan aku jawab versi aku aja, untungnya bener," ucapnya.


(ron/ron)