Terserang Glukoma, Aminah 'Mak Nyak' Cendrakasih Perlahan Pamit dari Panggung Hiburan

Jakarta - Nama Aminah Cendrakasih mungkin terdengar asing dan sayup-sayup di panggung hiburan zaman sekarang. Namun, kalau menengok wajahnya, kita tentu ingat betul dengan Mak Nyak di sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' ini.

Aminah kini terbaring tak berdaya karena glukoma yang dideritanya. Kedua matanya kini tak bisa melihat dengan jelas karena terserang penyakit tersebut sejak beberapa tahun lalu.


Kini kondisi artis yang berjaya di era 1950-an hingga 1980-an itu pun benar-benar terbilang memprihatinkan. Jangankan melakukan aktivitas, semenjak glukoma Aminah tak bisa melakukan apa-apa.


Untuk berjalan dan duduk saja ia sudah seperti tak sanggup. Ia pun kini menghabiskan hari-harinya dengan hanya terbaring di atas tempat tidur.


Sang anak, Ade Purbasari menuturkan, sang ibu pernah menjalani operas mata sebelah kanan. Namun, hasilnya tak sesuai harapan.


"Udah nyerah untuk mata yang bagian kanan. Kata dokter, pembuluh matanya pecah, dan itu memperparah glukomanya," terang Ade.


Kini ia masih berharap mata kiri sang ibunda masih bisa lebih baik. Ia pun berencana akan melakukan operasi mata sebelah kiri untuk Aminah.


Ade pun menceritakan, sebenarnya masih banyak tawaran pekerjaan untuk sang ibunda hingga saat ini. Namun karena kondisi, Aminah pun memilih mundur dari dunia hiburan yang membesarkan namanya itu.


"Ibu punya pikiran nggak mau menyusahkan di lokasi syuting," tambah Ade.


(kmb/mmu)