Bermukim di Swiss, Eddie Hara Pameran Bersama di Jakarta

Jakarta - Visual warna-warni, dunia yang cerah, dan karakter-karakter yang digambarkannya adalah ciri khas dari mural Eddie Hara. Seniman yang kini bermukim di Basel, Swiss sejak 1997 silam masih menyempatkan diri untuk ikut berpartisipasi di pameran bersama 'Wall 4 All' di Jakarta.

Pameran live mural yang digelar oleh 'Wall 4 All' oleh Art Dept ID di Pasific Place, Jakarta Pusat hingga 19 Januari 2015 ini menampilkan mural karya Eddie.


"Kami mengajak Eddie sebagai representatif seniman street art yang patut dibanggakan oleh Indonesia," ungkap pendiri Art Dept ID Amalia Wirjono baru-baru ini.


Dalam sebuah video yang ditampilkan, Eddie membuat mural di atas kanvas berukuran besar sampai ke langit-langit ruangan. Berbagai karakter digambarkan tak tentu strukturnya. Di antaranya terdapat tulisan 'save our' dan aneka angka.


Ia juga mengatakan tidak bisa hadir di pembukaan live mural kemarin malam. "Saya berterima kasih kepada pihak sponsor dan Art Dept ID yang mengajak saya berpameran."


Eddie merupakan lulusan ISI Yogyakarta (1980-1989), Akademie voor Beeldende Kunst (AKI) Enschede, Belanda (1989-1990). Berbagai pameran nasional dan internasional serta residensi sudah pernah diikutinya.


Di antaranya residensi di Recyclart, Bruxelles, Belgia (2005), Studio 106, Lasalle SIA College of Arts Singapura (2004), International Austausch-und Atelierprogramm Region Basel (IAAB), Christoph Merian Stiftung Basel Swiss (1996).


(tia/ron)