Peringati Tiga Tahun Kematian, Patung Amy Winehouse Dibangun

Jakarta - Memperingati tiga tahun kematian penyanyi Amy Winehouse, sebuah patung akan dibangun di Pasar Stables Camden dekat dengan tempat tinggalnya. Pematung yang membuatnya adalah Scott Eaton.

Penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&b ini adalah tokoh yang sangat dicintai di kawasan tempat tinggalnya London bagian Utara. Ayahnya Mitch Winehouse mengatakan ia tidak bisa memikirkan cara apa pun untuk peringatan 3 tahun putrinya.


"Aku telah berbicara dengan pihak Dewan Kota. Biasanya mereka tidak mengizinkan membangun patung kecuali sudah meninggal 20 tahun lalu. Tapi buat Amy mereka membuat pengecualian," ungkap Mitch sepeti dikutip dari Guardian, Kamis (21/8/2014).


Amy dianggap sebagai bagian dari sejarah kawasan Camden dan tidak akan terpisah dari London bagian Utara. Nantinya patung ini akan diresmikan pada 14 September bertepatan dengan hari ulang tahun Amy yang ke-31 tahun.


Ibunda Winehouse dan saudaranya Alex juga merencanakan akan membentuk Amy Winehouse Foundation. Usaha ini sebagai bentuk pencegahan terhadap efet narkotika dan penyalahgunaan alkohol.


"Tentu saya patung ini bisa mendapatkan pro kontra karena penyebab kematian Amy tapi banyak penggemarnya yang mendukung patung ini," ujar Mitch.


Awalnya patung Amy Winehouse akan ditempatkan di rumah pribadinya di Camden Roundhouse namun pihak keluarganya memindahkannya ke ruang publik. Penghormatan terhadap Amy tidak hanya terjadi di tahun ini saja.


Tahun lalu di Jewish Museum juga digelar pameran berjudul 'Amy Winehouse: A Potrait Family' selama 10 minggu. Serta rencananya setiap September masyarakat Camden akan menggelar acara untuk mengenangnya.


(tia/mmu)