Apresiasi Film Indonesia 2014 Siapkan 17 Piala Dewantara

Jakarta - Ajang penghargaan insan film nasional yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Apresiasi Film Indonesia (AFI) kembali digelar tahun ini. Ajang tersebut menyiapkan 17 Piala Dewantara yang terbagi dalam beberapa kategori.

Dari daftar Penghargaan Utama, ada 6 kategori yang diperebutkan, antara lain Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop, Apresiasi Film Panjang Non Bioskop, Apresiasi Film Pendek, Apresiasi Film Dokumenter, Apresiasi Film Animasi, dan Apresiasi Film Anak.


Sementara dari Pengharggan Khusus mencakup Apresiasi Sutradara Perdana, Apresiasi Poster Film, Apresiasi Film Independen Pelajar, Apresiasi Film Independen Mahasiswa, Apresiasi Komunitas, Apresiasi Festival Film, Apresiasi Lembaga Pendidikan, Apresiasi Media Cetak, Apresiasi Media Non Cetak.


Selain itu ada juga Penghargaan Inspiratif yang terdiri dari Apresiasi Adi-Karya dan Apresiasi Adi-Insani. Untuk mengelar acara ini, Kemendikbud bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang diketuai Alex Komang.


"Apresiasi Film Indonesia adalah penghargaan dan perayaan atas pencapaian insan film Indonesia, sekaligus merupakan pengingat bahwa kualitas dan kuantitas yang telah dicapai harus selalu memiliki sumbangan kepada budaya dan bangsa Indonesia," ujar Alex Komang dalam pernyataannya yang diterima detikHOT, Jumat (22/8/2014).


Pengumuman Nominasi penerima penghargaan Piala Dewantara akan dilakukan di Jakarta pada 8 September mendatang. Serangkaian kegiatan akan dilakukan untuk memeriahkan AFI 2014, antara lain diskusi dan workshop film di Jakarta, Bandung, Makassar dan Medan.


Malam Puncak AFI 2014 akan digelar di Istana Maimun Medan pada 13 September mendatang.


(ich/ich)