'SWING' Album Penuh Semangat Super Junior-M

Jakarta - Di tengah vakumnya Super Junior, SM Entertainment membawa sub-unit Mandarinnya yakni Super Junior-M ke panggung Korea. Grup yang akrab juga disapa SJ-M ini merilis album mini terbarunya bertajuk 'SWING'.

Kembalinya SJ-M tentu sudah dirindukan oleh para penggemar Super Junior yang akrab disapa ELF. Mengingat sejak album 'Sexy, Free & Single' yang diriis 2012 lalu, Super Junior belum lagi aktif bermusik.


Beragam genre ditampilkan SJ-M lewat album 'SWING'. Lagu andalan 'Swing' sendiri merupakan perpaduan yang unik antara musik pop yang funky dengan diselipkan suara instrumen brass, ditambah elemen dubstep di bagian dance break-nya.


Bagi beberapa pendengar mungkin bagian dance break ini terdengar sedikit aneh karena perubahan beat dan tempo yang terjadi secara tiba-tiba. Sehingga memberikan kesan bagian musik dance break dubstep di lagu ini seolah dipaksakan, tidak seperti 'Break Down' yang memang sejak awal lagu sampai akhir ber-genre dubstep.


'Swing' sendiri merupakan lagu pemberi semangat yang serupa dengan lagu Super Junior 'Mr. Simple' dan 'Sexy, Free & Single'. Dalam lirik lagu Bahasa China maupun Koreanya, lagu 'Swing' mengajak para pendengarnya untuk sejenak melupakan masalah dan menikmati musik.


Tema memberi semangat ini pun dibawa ke konsep video musik lagu 'Swing' yang menggunakan kantor sebagai setting-nya. Siwon, Zhoumi, Henry, Donghae, Eunhyuk, Sungmin, Ryeowook dan Kyuhyun pun tampil layaknya pekerja kantoran yang rapih dengan kemeja dan jas.


Koreografi lagu ini terbilang yang terbaik jika kita membandingkannya dengan koreografi lagu-lagu SJ-M sebelumnya. Dengan menggunakan properti seperti meja kerja, kertas dan juga handuk, koreografinya jadi tidak membosankan dan tampak seru, tidak seperti 'Break Down' dan 'Perfection' misalnya.


Belakangan memang SM sedang gandrung mengakali video klip artisnya dengan pergerakan kamera yang dinamis. Gerakan kamera dinamis di video 'Swing' pasti akan mengingatkan kita pada video 'Growl' milik EXO atau 'Mr. Mr' milik SNSD yang baru-baru ini dirilis.


Meski mengulang treatment yang sama, tidak lantas video 'Swing' SJ-M menjadi sama dengan video para juniornya. Perpaduan warna putih, hitam dan kuning di set kantor serta efek lampu sederhana yang digunakan membuat video 'Swing' jadi unik.


Selain 'Swing' yang ditempatkan di track pertama, banyak lagu lain yang asik dan bersemangat dalam album mini ketiga SJ-M ini. Tak ketinggalan, lagu-lagu ballad yang menjadi daya tarik lain dari SJ-M juga tetap disertakan.


Lagu 'Fly High' adalah track dengan instrumen band kental yang belum pernah dibawakan oleh Zhoumi cs di album sebelumnya. 'Strong' merupakan lagu bernuansa pesta dengan beat dubstep dan tempo yang kuat.


'Addiction' ada di track kelima yang juga punya tempo up-beat dengan dominasi suara instrumen pukul. Sementara lagu lainnya seperti 'My Love For You' dan 'After A Minute' merupakan dua track ballad bertempo pelan sebagai penetral di antara track up-beat.


Super Junior-M membawakan 'Swing' versi Mandarin pertama kali di sebuah ajang penghargaan di China. Saat ini mereka tengah melakukan promosi di acara musik TV Korea dengan versi Korea dari lagu tersebut.


(ron/mmu)