Lebaran, Jono 'GBS' Pilih Mudik ke Aceh daripada ke London

Jakarta - Bassis band Gugun Blues Shelter, Jonathan Amstrong atau yang akrab disapa Jono sudah menjadi mualaf selama 13 tahun. Ia pun juga menjalankan tradisi kala lebaran tiba.

Seperti mudik ke kampung halaman misalnya. Pria asal London itu menuturkan, dirinya pun menjalankan tradisi tersebut. Namun ia memilih untuk mudik ke kampung halaman istrinya di Aceh ketimbang mudik ke London.


"Karena di Inggris kalau pulang ke sana itu nggak ada suasana lebaran di sana. Jadi kayak sama aja. Kalau di Aceh kan, ada," ujarnya ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.


Jono yang asal Inggris itu memang memutuskan memeluk Islam sejak menikah dengan Fauziah. Di Aceh, cinta Jono dan Fauziah bersemi. Di Aceh pula, Jono mendalami Islam.


Kini Jono sudah memiliki dua orang anak. Ia pun mengaku selalu berusaha menjadi ayah yang mengenalkan agama kepada anak-anaknya sejak dini.


Seperti pada Ramadan kali ini, Jono bahkan tak kesulitan mengajarkan kedua anaknya berpuasa. "Malah mereka mau dari hati sendiri untuk puasa. Mereka sering tarawih di masjid, berangkat sendiri," katanya.


"Terus bangunin orang kampung. Mereka maunya dari hati sendiri, jadi nggak usah dipaksain," tandasnya.


(kmb/kmb)