Eunhyuk 'Ngamuk' Setelah Konser Super Show 5 Singapura

Jakarta - Kontroversi yang terjadi dalam fandom Super Junior, ELF, belakangan ini kembali memanas. Hal ini membuat Eunhyuk prihatin dan mengungkapkan kekecewaannya di akhir konser 'Super Show 5' Singapura minggu lalu. Hal yang dipermasalahkan masih tetap sama sejak 2008, yaitu kejelasan status dua member Super Junior-M, Henry dan Zhoumi.

Sedikit flashback tentang masalah ini, pada awal terbentuknya Super Junior05, grup tersebut direncanakan menjadi grup dengan sistem rotasi member. Artinya, akan ada penambahan member baru seiring berjalannya waktu. Hanya saja, pada 2006 SM Entertainment memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana rotasi tersebut dan menghapus '05' dibelakang nama Super Junior. Kyuhyun pun menjadi member yang terakhir bergabung.


Suasana hati fans memanas saat tiba-tiba pada 2007 fans salah paham terhadap sebuah rumor yang mengatakan Henry Lau akan menjadi member Super Junior setelah Kyuhyun. Namun SM Entertainment ternyata mengumumkan sub-unit Super Junior-M pada 2008.


Baru-baru ini, kontroversi status Henry dan member Super Junior-M lainnya, Zhoumi, kembali dipertanyakan para fans. Protes kembali dilakukan. Beberapa hal yang menjadi alasannya antara lain, Henry dan Zhoumi kerap ikut tampil dalam gelaran konser 'Super Show 5'. Selain itu, fans 'pure' ini juga mempermasalahkan jumlah keikutsertaan Henry dan Zhoumi dalam penampilan Super Junior di konser tersebut.


Tak hanya itu, mereka protes karena Henry dan Zhoumi ikut serta dalam konferensi pers konser 'Super Show 5', serta penggunaan warna fandom 'Sapphire Blue' milik fandom Super Junior oleh Henry saat melakukan promosi album solonya.


Beberapa hal tersebut di atas membuat fans mengajukan petisi kepada SM Entertainment untuk tetap menjaga batas-batas keikutsertaan Henry dan Zhoumi dalam aktivitas Super Junior dan juga atribut fandom Super Junior.


Inilah yang kemudian membuat Eunhyuk 'ngamuk'. Eunhyuk rupanya mencium adanya 'perang' di antara fans mereka yang mendukung Zhoumi dan Henry dan fans yang menolak mereka. Usai konser, Eunhyuk kembali naik ke atas panggung dan berusaha menjelaskan kesalahpahaman tersebut kepada para fans.


"Aku kembali untuk mengatakan sesuatu. Kuharap semuanya mendengarkan dengan baik karena banyak yang sedang mengambil fancam (rekaman video oleh fans) jadi kuharap ini bisa dilihat oleh fans Korea dan seluruh fans di dunia," ungkap Eunhyuk mengawali curahan hatinya.


Dia melanjutkan, "Sejujurnya, aku merasa sedih dan sakit hati karena aku melihat banyak sisi buruk dari fanclub Super Junior, ELF, belakangan ini dan berpikir seseorang (dari Super Junior) harus membicarakan masalah ini. Jadi aku pikir aku yang datang dan menjelaskan."


"Pertama-tama aku ingin menjelaskan bahwa Henry dan Zhoumi bukan member resmi Super Junior tetapi mereka member resmi Super Junior-M. Dan untuk kami, Henry dan Zhoumi sebagai member SJ-M sangat penting karena kami sering menghabiskan waktu bersama. Hubungan persahabatan kami sangat dekat dan mendukung mereka seperti keluarga,"


Member bernama asli Lee Hyuk Jae ini juga menekankan bahwa tidak akan ada rotasi ataupun penambahan member dalam grup Super Junior seperti halnya rumor yang beredar beberapa tahun silam dan kembali merebak beberapa minggu terakhir. Tak hanya itu, dia meyakinkan fans bahwa Zhoumi dan Henry tidak akan ikut dalam promosi resmi Super Junior.


"Mereka tidak akan ikut serta dalam album Super Junior ataupun melakukan promosi bersama kami. Foto mereka juga tidak ada di poster konser kami. Mereka berdiri bersama kami di konser Super Show bukan karena mereka sudah resmi jadi member Super Junior. Melihat mereka duduk menunggu di ruang tunggu setelah menyanyikan 3-4 lagu membuat kami merasa sedih. Jadi kami ajak mereka naik ke panggung agar mereka tidak merasa sendiri."


Eunhyuk mengakhiri curhatnya dengan harapan bahwa semua fans akan mendukung Henry dan Zhoumi ke depannya. Member yang digosipkan berpacaran dengan IU itu juga meminta maaf kepada fans di Singapura karena harus membahas masalah itu di akhir konser.


"Semoga tidak ada lagi kesalahpahaman setelah ini," pungkasnya.


Bagaimana dengan kalian, apakah kalian selama ini mendukung Henry dan Zhoumi atau justru termasuk yang menentang mereka beraktivitas dengan Super Junior?


(mmu/mmu)