Pengalaman Pahit Ratna Dilla Menapaki Karier Dangdut dari Bawah

Jakarta - Perjalanan Ratna Dilla merintis karier sebagai penyanyi begitu terjal dan penuh liku. Sebelum mengecap sukses, pelantun lagu berjudul 'Nyut-nyut' itu pernah mengalami berbagai kisah pahit. Seperti apa? Yuk, simak penuturannya!

"Aku masih ingat betul gimana susahnya dulu," kenangnya membuka cerita, saat berbincang dengan detikhot di Kemang, Jakarta Selatan.


Terlahir dari keluarga miskin yang tinggal di sebuah kampung di daerah Ciomas, Bogor, Jawa Barat, ibunda Dilla sehari-hari berjualan pecel di bawah jembatan sungai. Dengan latar keluarga seperti itulah, saat beranjak dewasa Dilla pun mencoba peruntungan menjadi penyanyi di kampungnya.


Ia berharap hasil keringatnya dari bernyanyi bisa sedikit meringankan beban orangtua. "Aku memang terbiasa mandiri," ucap pemilik nama lengkap Nurlela Ratna Dilla itu.


Namun suatu ketika, cewek kelahiran Bogor, 9 Januari 1984 itu mengalami kejadian buruk saat bernyanyi di atas panggung. Sebuah batu dilempar dari arah penonton hingga mengenai kepalanya. "Itu sampai berdarah, dan aku nangis," kenangnya.


Tak sampai di situ saja, semenjak kejadian tersebut Dilla pun sering mendapatkan teror melalui surat kaleng yang mampir ke rumahnya. Ia diancam agar segera keluar dari kampung tempatnya tinggal.


"Entah karena apa, waktu itu ada orang kaya di sana yang kayaknya nggak suka. Orang di kampung itu juga banyak yang nggak suka sama aku. Akhirnya aku pindah sendiri, dan nge-kost di daerah luar," sahutnya.


Saat itu, Dilla memang tak mau melawan orang-orang yang mencemooh dan merendahkannya. "Aku cuma berdoa dalam hati, supaya aku sukses. Hinaan, dan perlakuan kasar mereka aku jadikan motivasi. Aku mau nunjukin ke mereka suatu saat aku bakalan jadi artis," katanya.


Doa anak bungsu dari empat bersaudara itu pun terjawab. Seorang produser musik mengajak sosok pemilik tinggi 160cm dan berat 51kg itu membuat sebuah album pop berbahasa Sunda. Perlahan namun pasti, dirinya pun mulai mengecap sukses.



Pada 2006, Dilla pun mencoba peruntungannya dengan mengeluarkan sebuah album dangdut. Tak disangka, lagu 'Menunggu' milik Rhoma Irama yang dinyanyikannya menuai sukses besar.


"Laguku booming. Di 2006 itu 15 ribu keping DVD, dan kaset aku seluruh Indonesia terjual. Produserku bilang, untuk artis pendatang baru itu udah oke banget. Dari situ budget manggungku naik. Tadinya dari dibayar Rp 100 ribu, naik drastis ke Rp 5-15 juta dulu," kisahnya antusias.


"Terus alhamdulillah aku juga bisa beli mobil, rumah buat orangtua, dan semuanya dari situ. Semua keluarga udah bisa hidup dengan makmur sekarang," tandas cewek yang pernah digosipkan punya hubungan spesial dengan Dodhy 'Kangen Band' itu.


(bar/mmu)