Kisah Ratna Dilla Gagal Menikah Karena Fitnah

Jakarta - Ungkapan fitnah lebih kejam dari pembunuhan dirasakan betul oleh penyanyi Ratna Dilla. Pelantun single berjudul 'Nyut-nyut' itu mengaku pernah ditinggal sang calon suami jelang hari pernikahan mereka.

Menurut Dilla, hal itulah yang hingga kini membuatnya tak mudah percaya dengan pria. Seperti apa kisahnya? Simak penuturannya kepada detikHOT usai melakoni pemotretan di studio foto di daerah Kemang, Jakarta Selatan.


Dikisahkan Dilla, dirinya pernah tampil bernyanyi di daerah Kalimantan atas undangan seorang pengusaha batubara. Dari situ, mereka pun dekat hingga akhirnya menjalin hubungan cinta.


Dilla mengatakan, kekasihnya itu awalnya sangat perhatian, dan romantis kepadanya. Sosok kelahiran Bogor, 9 Januari 1984 tersebut bahkan diberikan perhiasan berlian, dan mobil mewah.


Setahun pacaran, sang kekasih Dilla itu pun semakin menunjukkan keseriusannya. "Sesuai adat Sunda, sebelum menikah dia ngelamar aku. Ngasih seserahan, uang Rp 200 juta," jelasnya lagi.


Namun semenjak itu, Dilla merasakan perubahan besar pada diri calon suaminya tersebut. Sang pria meminta kembali barang-barang yang pernah diberikannya pada anak bungsu dari empat bersaudara itu.


"Dia minta semua yang pernah dia kasih. Waktu itu karena aku punya niat baik sebagai calon istri, ya aku kembalikan. Lagian sebelum kenal dia aku juga udah punya semuanya dari hasil nyanyi," ucapnya.


Bencana pun kemudian terjadi. Seminggu sebelum pernikahan, sang calon suaminya menghilang bak ditelan bumi. Berbagai cara pun dilakukan Dilla untuk menghubungi, namun hasilnya nihil.


"Handphone-nya mati. Sekretarisnya yang aku telepon bilang dia lagi di Balikpapan. Aku susulin, nyari-nyari dia ke sana nangis-nangis sampai kayak orang gila, tapi nggak ketemu," kenangnya.


Di saat hampir putus asa, Dilla tiba-tiba dihubungi sang kekasihnya itu. Dengan nada kasar, sang pria kemudian meminta sosok pemilik tinggi 160cm dan berat 51kg itu untuk menjauh, serta mengubur mimpi soal pernikahan.


"Alasan dia sih, ada salah satu temenku artis yang bilang ke dia kalau aku udah punya anak tiga, dan mau hartanya dia aja. Itu fitnah keji. Padahal kalau dipikir-pikir, sebelum kenal dia juga aku udah punya segalanya," sesalnya.



Dengan hati hancur, Dilla pun memberitahukan hal tersebut kepada keluarga besarnya. Agar tak malu batal menikah, ia memboyong seluruh keluarganya ke Bali sehari sebelum tanggal pernikahan yang sebelumnya telah ditentukan.


Kenangan pahit itu sempat membuat Dilla terpukul berat hingga berhenti bernyanyi selama setahun. "Sekarang sih udah nggak trauma, tapi jadi lebih hati-hati sama cowok. Aku juga introspeksi diri. Banyak hikmahnyalah," tandasnya.


(bar/mmu)