15 Tahun Reformasi, Kumpulan Puisi Wiji Thukul Diterbitkan

Jakarta - Penyair Wiji Thukul merupakan salah satu tokoh aktivis yang hingga kini hilang di tengah geger-gegeran reformasi pada Mei 1998. Kini, 15 tahun sudah era reformasi bergulir. Namun, Wiji tetap tak diketahui kabar pastinya. Untuk mengenangnya, puisi-puisi karyanya pun diterbitkan.

Kumpulan puisi Wiji Thukul itu tidak diterbitkan oleh penerbit komersial. Melainkan, kumpulan yang diberi judul 'Para Jendral Marah-marah' itu diterbitkan oleh Majalah Tempo dalam edisi khususnya yang beredar di pasaran mulai awal pekan ini. Tentu saja, ini bukan kumpulan puisi pertama Wiji yang diterbitkan. Lalu, apa istimewanya?


Buklet setebal 37 halaman yang merupakan bonus dari Tempo dengan judul sampul 'Teka-teki Wiji Thukul' itu memuat 49 buah puisi. Menariknya, sebagian besar dari puisi-puisi tersebut merupakan karya Wiji selama dalam pelariannya.


Naskah tersebut awalnya berupa manuskrip yang berada di tangan Wakil Ketua Komnas HAM Stanley Adi Prasetyo. "Puisi itu adalah pemberian Wiji Thukul kepadaku sesaat sebelum dia menuju pelarian berikutnya," ujar Stanley. Dia menerima naskah itu dalam tulisan tangan dengan pensil di atas kertas surat bergaris sebanyak 13 halaman bolak-balik.


Naskah yang berisi 21 puisi itulah yang kemudian menjadi bagian pertama dari buklet 'Para Jendral Marah-marah' ini. Secara keseluruhan, buklet ini terdiri dari 3 bagian. Dua bagian lagi masing-masing berisi puisi-puisi Wiji dalam bahasa Jawa (12 puisi), dan puisi-puisi 'lepas' (16 puisi) yang dihimpun dari berbagai 'sumber' dan belum pernah dipublikasikan secara luas.


Wiji Thukul lahir si Solo, 26 Agustus 1963. Ia sudah menulis puisi sejak awal 1980-an, dan kerap membacakan karya-karyanya di Taman Budaya Jawa Tengah di Solo. Dua kumpulan puisi pertamanya terbit pada 1984 secara terbatas, masing-masing 'Puisi Pelo' dan 'Darman dan Lain-lain'. Pada 1994, terbit buku kumpulan puisinya berjudul 'Mencari Tanah Lapang' dengan kata pengantar dari sosiolog dan mantan aktivis 66 Arief Budiman.


Pada 2000, penerbit Indonesia Tera dari Magelang mengumpulkan hampir semua puisi Wiji yang pernah terbit, dan diterbitkan kembali di bawah judul 'Aku Ingin Menjadi Peluru'. Dalam edisi cetak ulangnya, ditambahkan beberapa puisi Wiji yang ditulis dalam pelariannya sebagai 'buron politik' pemerintah Orde Baru. Salah satunya berjudul 'Baju Loak Sobek Pundaknya', sebuah puisi yang sangat sedih yang ditujukan untuk istrinya.


Wiji diburu para jenderal Orde Baru di Jakarta karena aktivitasnya di panggung politik praktis, terutama di Jaringan Kerja Kesenian Rakyat, di bawah Partai Rakyat Demokratik. Dari puisi-puisinya, lahir slogan-slogan perlawanan yang sangat terkenal, seperti 'satu mimpi, satu barisan' dan 'hanya ada satu kata: lawan!' Dalam pelariannya sejak 1996, Wiji Thukul bersembunyi dengan berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain.


(mmu/mmu)