Terinspirasi 'Starship Troopers', Seniman Inggris Bikin Instalasi Raksasa

Jakarta - Film fiksi ilmiah 'Starship Troopers' yang dirilis 1997 silam ini menginspirasi salah satu seniman Inggris. The New Walk Museum and Art Gallery di Leicester menampilkannya untuk pertama kalinya ke publik.

Seniman Marvin Gaye Chetwynd membuat instalasi berukuran raksasa. Salah satu instalasi terbesarnya adalah 'Brain Bug' yang muncul sebagai monster. Di akhir adegan, para penonton akan 'dimakan' raksasa tersebut.


Petugas pameran seni kontemporer di galeri Leicester Hugo mengatakan setiap orang bisa menikmati karya seni dengan latar belakang seni visual yang beragam.


"Apa yang lebih baik dari Starship Troopers? Kami pikiran instalasi berukuran raksasa bisa melibatkan pengunjung," ujarnya dilansir dari Independent, Jumat (13/2/2015).


Baca Juga: Rayakan Valentine dengan 'Festival Melupakan Mantan'


Karya seni instalasi ini akan dipamerkan pada April 2015 selama empat hari berturut-turut. Tak hanya instalasi, tapi pihak galeri juga akan menampilkan pertunjukan seni sesuai dengan tema karya Marvin.


Kepala Art Fund, Sarah Philp mengatakan koleksi publik ini mencerminkan gambar yang anarkis, cerdas, dan berani. "Penonton yang melihatnya akan terasa takjub."


'Starship Troopers' adalah film yang disutradai oleh Paul Verhoeven dan ditulis oleh Edward Neumeier. Film yang dibintangi Casper Van Dien, Dina Meyer dan Denise Richards dibuat berdasarkan novel 'Starship Troopers' karya Robert A. Heinlein.


(tia/mmu)