Menanti Film Terakhir Alex Komang

Jakarta - Alex Komang, salah satu aktor yang paling disegani di dunia film Indonesia meninggal dunia pada Jumat (13/2/2015) di usianya yang ke-53. Rencananya, ada satu film yang dibintangi Alex akan rilis pada 2015 ini.

Film itu adalah 'Guru bangsa: Tjokroaminoto' yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Dalam film yang menampilkan biografi HOS Tjokroaminoto itu, Alex memerankan tokoh Hasan Ali Surati. Sementara, tokoh HOS Tjokroaminoto diperankan oleh Reza Rahadian.


Mengambil lokasi di Ambarawa, Semarang dan Yogyakarta, syuting film itu rampung akhir 2014. 'Guru bangsa: Tjokroaminoto' dijadwalkan rilis di bioskop pada 5 April 2015.


Sementara, melalui halaman Facebook Tjokro Movie, segenap kru 'Guru bangsa: Tjokroaminoto' dan keluarga HOS Tjokroaminoto ikut berbelasungkawa atas kepergian sang aktor.


"Innalillahi wa Innailaihi Rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah salah satu pemeran #‎TjokroMovie @AlexKomang2000 pemeran Hasan Ali Surati. On behald of keluarga HOS Tjokroaminoto kami mengucapkan berduka cita yang sedalamnya. Mudah-mudahan beliau bisa tenang sekarang di sisi Allah Swt. Semoga keluarga diberikan kekuatan. Insya Allah kita juga diberikan kekuatan untuk melanjutkan legacy beliau di film ini. Amin ya Rab."


Sepanjang kariernya, Alex yang lahir dengan nama Saifin Nuha, telah membintangi puluhan judul film, di antaranya 'Ca Bau Kan', 'Laskar Pelangi', 'Darah Garuda', 'Surat Kecil Untuk Tuhan' dan '9 Summers 10 Autumns'.


Pada 1985, almarhum juga sukses meraih penghargaan di Festival Film Indonesia. Ia mendapat gelar Aktor Terbaik lewat perannya dalam film 'Doea Tanda Mata'.


(hkm/kak)