Film 'Kacaunya Dunia Persilatan' Digugat, Ini Jawaban Sutradara

Jakarta - Film komedi 'Kacaunya Dunia Persilatan' baru sehari tayang. Namun film yang dibintangi Tora Sudiro, Aming, Darius Sinathrya dan Vicky Monica itu sudah menuai gugatan.

Sebab dalam film tersebut ada tokoh Si Buta dari Gua Buat Elu --yang merupakan pelesetan karakter tokoh silat Si Buta dari Gua Hantu--.


"Memang betul kita sudah melihat tampilan filmnya. Di situ ada persamaan tokoh Si buta dari Gua Hantu yang kita pegang hak patennya. Mereka tidak pernah melakukan konfirmasi," kata Juliandus Tobing, kuasa hukum PT Bumi Langit, selaku pemegang hak karakter Si Buta Dari Gua Hantu, Jumat, (23/1/2015).


Juliandus mempertanyakan dasar mengapa tokoh tersebut diangkat ke film produksi Skylar Pictures itu. Atas hal itu, pihak Juliandus mengirimkan somasi.


"Tentunya kita mempertanyakan, dasarnya mereka apa menggunakan karakter Si Buta," ujar sambung Juliandus.


Helfi Kardit sebagai sutradara mengaku baru tahu soal somasi. Ia menyayangkan mengapa langkah tersebut baru diambil setelah film itu tayang.


"Ketika dibuat trailernya, ada di Youtube, nggak ada masalah. Lalu, ketika sudah tayang kenapa baru dipermasalahkan," ujar Helfi.


Helfi pun mengaku siap berdiskusi dengan PT Bumi Langit terkait persoalan ini. Namun, dirinya enggan untuk memenuhi permintaan jika harus menghilangkan sosok Si Buta dalam film itu.


"Filmnya sudah tayang, bagaimana mungkin mau diturunkan. Asal ada itikad baik dan masuk akal, kita siap berdiskusi dan memenuhi permintaan mereka," tandasnya.


(kmb/kmb)