Rio Dewanto Coba Berbagai Jenis Kopi dari Berbagai Daerah Indonesia

Semarang - Di lantai dua Pabrik Kopi Taman Delta kawasan industri Terboyo Semarang, Rio Dewanto mencoba kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di atas meja bundar, kopi tersebut sudah tersedia.

Seperti kopi Manggarai dan Bajawa asal Flores, Ciwidey Pangalengan Jawa Barat, dan Java Mocca dari Temanggung. Ia mencobanya satu per satu.


"Cobanya bukan diminum sesuap gitu. Nanti rasanya bakal ketinggalan di lidah. Jadi gini," ujar pengelola PT Taman Delta Indonesia Mulyono kepada Rio Dewanto.


Cara pertamanya adalah membuang busa di permukaan segelas kopi. Lalu satu sendok kopi diambil dan cepat dihirup dan langsung dibuang. Mengapa?


"Kalau diminum satu sendok dan cupping-nya sampai 10 gelas apa nggak mabok. Makanya cara yang benar harus seperti itu," ujar Mulyono.


Ajaran cupping atau mencoba berbagai rasa kopi yang benar tersebut langsung dipelajari oleh Rio. "Gini yah, pak? Tapi susah juga yah," tanyanya.


"Nah iya, betul," ungkapnya.


Salah satu pengalaman Rio ini merupakan riset mendalam bagi karakternya di film Filosofi Kopi. Rio akan berperan sebagai Jody, sedangkan Chicco Jericho sebagai Ben. Sebelumnya Chicco sudah belajar menjadi barista di ABCD School of Coffe, Pasar Santa, Jakarta Selatan.


(tia/nu2)